Ma'ruf Amin: Dirgahayu TNI, Terus Tingkatkan Kualitas dan Kapabilitas

ADVERTISEMENT

Ma'ruf Amin: Dirgahayu TNI, Terus Tingkatkan Kualitas dan Kapabilitas

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 08:15 WIB
Wapres Maruf Amin (dok. Setwapres)
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI. Ma'ruf Amin meminta anggota TNI terus meningkatkan kualitas dan kapabilitas.

"Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan tertulis dari Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), Rabu (5/10/2022).

Perkembangan zaman yang dinamis membuat masyarakat harus mampu menangkal berbagai kemungkinan ancaman dari tantangan global. Beberapa ancaman tersebut di antaranya ancaman fisik dan juga non-fisik, seperti disinformasi, kebocoran data, hingga radikalisme. Untuk itu, kata Ma'ruf, diperlukan kesigapan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai salah satu pendukung pengamanan di Tanah Air.

"Dengan tuntutan yang besar ini, maka seluruh prajurit TNI di mana pun berada harus terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya," tutur Ma'ruf.


Ma'ruf menyadari, tidak mudah bagi para jajaran TNI untuk dapat mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kepercayaan publik di tengah disrupsi yang ada. Namun, Ma'ruf menekankan bahwa TNI merupakan bagian penting dalam perlindungan negara dan masyarakat.

"TNI merupakan pilar penopang kedaulatan, penjaga keutuhan wilayah, dan pelindung negara dari segala bentuk gangguan dan ancaman. TNI juga menjadi bagian penting dalam upaya pemulihan pasca terjadinya gangguan di tengah masyarakat" tegas Ma'ruf.

"Bertambahnya tantangan berarti bertambah berat pula tugas dan tanggung jawab ketiga matra TNI dalam menjaga dan melindungi Ibu Pertiwi," tambahnya.

Untuk itu, Ma'ruf memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas kontribusi serta komitmen yang telah diberikan dalam menjaga keutuhan bangsa.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan pengorbanan yang telah diberikan oleh seluruh prajurit, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara, beserta seluruh keluarga," ungkap Wapres.

Lebih lanjut, Ma'ruf juga memberikan doa dan harapannya kepada TNI agar dapat terus menjaga keutuhan NKRI serta mengawal pelaksanaan pembangunan bangsa menuju Indonesia Maju.

"Semoga TNI dapat terus menjaga dan melindungi tegaknya NKRI yang berdasarkan pada Pancasila dan UUD 1945, serta mengawal upaya pemerintah dalam membangun bangsa menuju Indonesia Maju," harap Ma'ruf.

(lir/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT