Peringatan BMKG: Curah Hujan Jakarta Masih Tinggi Pekan Ini

ADVERTISEMENT

Peringatan BMKG: Curah Hujan Jakarta Masih Tinggi Pekan Ini

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 06:20 WIB
Prakiraan cuaca besok telah diumumkan oleh BMKG. Selain wilayah Jakarta, Anda juga bisa mengecek prakiraan cuaca besok Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa wilayah Jabodetabek, khususnya Jakarta masih memiliki berpotensi terjadi hujan lebat. Kondisi ini disebut bertahan sampai akhir pekan ini.

"Kami sudah keluarkan rilis peringatan dini di hari Sabtu (1/10), sudah rilis warning sepekan ke depan. Jadi, sampai Sabtu (8/10) besok, intensitas hujan tinggi," ucap Prakirawan Cuaca BMKG, Achmad Rifani, saat dihubungi, Selasa (4/10/2022).

Kondisi ini menjadikan kawasan Jakarta berpotensi banjir. Seperti yang Selasa (4/10) sore dan malam terjadi.

"Seperti terjadi sore ini, beberapa titik di Jakarta masih banjir. Kami masih imbau untuk antisipasi potensi yang sama. Terutama untuk hujan yang tinggi. Dan beberapa hari ke depan, kami meninjau berdasarkan kondisi data terkini, ada potensi di dua hingga tiga hari ke depan," katanya.

Jakarta Belum Musim Hujan

Meski dalam beberapa hari terakhir hujan deras turun, namun Achmad menyebut Jakarta belum memasuki musim hujan. Saat ini, Jakarta masih masuk pancaroba atau perubahan cuaca.

"Kalau secara umum musim di Indonesia barat sudah masuk (hujan) tapi itu di Sumatera, beberapa wilayah di Pulau Jawa bagian selatan, sudah masuk penghujan. Jabotabek berdasarkan klimatologisnya, belum masuk misim penghujan, perkiraan November dan Desember," katanya.

"Tipikal hujan ini masih dalam pola normal ketika pancaroba atau peralihan musim. Kita ada di periode peralihan musim," katanya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Simak juga Video: Waspadai Hujan Intensitas Lebat di Sejumlah Kota, Cek Infonya di Sini!

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT