Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober: Sejarah dan Twibbon Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober: Sejarah dan Twibbon Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 05 Okt 2022 20:40 WIB
Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober diperingati setiap tahunnya. Momentum penting ini termasuk hari besar nasional di bulan Oktober.
Ilustrasi tata ruang perkotaan (Foto: detikcom/Ari Saputra)
Jakarta -

Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober diperingati setiap tahunnya. Momentum penting ini termasuk hari besar nasional di bulan Oktober.

Lalu, bagaimana sejarah peringatan Hari Tata Ruang Nasional di Indonesia? Berikut ulasan yang telah dirangkum oleh tim detikcom.

Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober, Ini Sejarahnya

Hari Tata Ruang Nasional disebut juga dengan Hantaru. Mengutip dari buku berjudul "Sejarah Penataan Ruang Indonesia" yang ditulis oleh Direktorat Jenderal Penataan Ruang, Departemen Permukiman, dan Prasarana Wilayah pada tahun 2004, lembaga tata ruang pertama di Indonesia bersama Balai Tata Ruangan Pembangunan (BTRP).

BTRP berperan dalam pembangunan tata ruang di daerah maupun pusat kota. BTRP terus mengalami perkembangan hingga diisi oleh lulusan arsitek yang mempelajari perencanaan kota.

Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober diperingati setiap tahunnya. Momentum penting ini termasuk hari besar nasional di bulan Oktober.Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober diperingati setiap tahunnya. Momentum penting ini termasuk hari besar nasional di bulan Oktober. (Foto: Getty Images/iStockphoto/StockByM)

Dinas Penataan Ruang Bergabung dengan BPN

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Tata Ruang-Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Direktorat Jenderal Penataan Ruang di Kementerian Pekerjaan Umum bergabung dengan Badan Pertanahan Nasional pada tahun 2014 era kepemimpinan Presiden Jokowi. Penggabungan keduanya menjadikan nama Direktorat Jenderal Tata Ruang, sebagai bagian dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional.

Saat ini, Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional, memiliki empat direktorat dan satu sekretariat, yaitu:

  • Sekretariat Direktorat Jenderal
  • Direktorat Perencanaan Tata Ruang Nasional
  • Direktoratan Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah I
  • Direktoratan Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II
  • Direktorat Sinkronisasi Pemanfaatan Tata Ruang.

Twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2022

Dilansir situs Twibbonize, ada beberapa link twibbon yang bisa dipakai untuk perayaan Hari Tata Ruang Nasional 2022. Berikut 10 link twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2022.

Cara Menggunakan Twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2022

Jika twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2022 sudah diunduh, maka tinggal memasukkan foto ke dalam twibbon tersebut. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pilih salah satu Twibbon yang ingin dipakai dari link di atas.
  2. Kemudian, kamu akan diarahkan ke laman Twibbonize, lalu klik 'Pilih Foto'.
  3. Pilih foto yang akan digunakan di Twibbon, lalu klik OK.
  4. Foto yang dipilih akan muncul di Twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2022. Letak foto dapat digeser kemudian klik 'crop'.
  5. Twibbon Hari Tata Ruang Nasional 2022 sudah jadi. Untuk menggunakannya, klik 'download' dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Demikian serba-serbi Hari Tata Ruang Nasional 8 Oktober. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT