Hari Binatang Sedunia 4 Oktober 2022: Tema dan Asal-usul Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Binatang Sedunia 4 Oktober 2022: Tema dan Asal-usul Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 14:56 WIB
Hari Binatang Sedunia 4 Oktober kembali diperingati tahun ini. Hari Binatang Sedunia atau World Animal Day termasuk peringatan internasional di bulan Oktober.
Logo Hari Binatang Sedunia 4 Oktober (Foto: World Animal Day)
Jakarta -

Hari Binatang Sedunia 4 Oktober kembali diperingati tahun ini. Hari Binatang Sedunia atau World Animal Day termasuk peringatan internasional di bulan Oktober.

Lantas, bagaimana sejarah peringatan Hari Binatang Sedunia? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Tema Hari Binatang Sedunia 4 Oktober 2022

Dilansir situs World Animal Day, tema Hari Binatang Sedunia 2022 adalah "A Shared Planet" atau "Planet Bersama". Hari Binatang Sedunia adalah kesempatan bagi manusia penghuni bumi agar meningkatkan kepedulian kepada hewan sebagai sesama makhluk hidup.

Selain itu, Hari Binatang Sedunia juga sebagai bentuk perhatian terhadap kesejahteraan hewan.

Hari Binatang Sedunia 4 Oktober kembali diperingati tahun ini. Hari Binatang Sedunia atau World Animal Day termasuk peringatan internasional di bulan Oktober.Hari Binatang Sedunia 4 Oktober kembali diperingati tahun ini. Hari Binatang Sedunia atau World Animal Day termasuk peringatan internasional di bulan Oktober. (Foto: Istock)

Sejarah Hari Binatang Sedunia

Hari Binatang Sedunia dicetuskan oleh Heinrich Zimmermann, seorang penulis dan penerbit majalah Mensch und Hund atau Man and Dog. Peringatan Hari Binatang Sedunia pertama kali dilaksanakan tanggal 24 Maret 1925 di Sport Palace di Berlin, Jerman. Lebih dari 5.000 orang menghadiri acara tersebut.

Awalnya, peringatan Hari Binatang Sedunia direncanakan pada tanggal 4 Oktober, namun Sport Palace yang pada saat itu adalah satu-satunya tempat yang cukup besar untuk menampung ribuan pengunjung, tidak tersedia pada tanggal 4 Oktober. Pada tahun 1929, akhirnya Hari Hewan Sedunia diselenggarakan setiap tanggal 4 Oktober.

Mengapa Hari Binatang Sedunia Diperingati Tanggal 4 Oktober?

Hari Binatang Sedunia jatuh setiap tanggal 4 Oktober. Alasan dipilih tanggal 4 Oktober karena saat itu adalah hari wafatnya Santo Fransiskus, santo pelindung ekologi, termasuk hewan. Maka dari itu, hari kematian Santo Fransiskus dari Assisi dijadikan sebagai Hari Binatang Sedunia.

Profil Heinrich Zimmermann, Pencetus Hari Binatang Sedunia

Heinrich Zimmermann adalah pencetus Hari Binatang Sedunia. Ia adalah seorang jurnalis, editor, penulis dan aktivis perlindungan hewan. Setiap tahun, Zimmermann terus mempromosikan Hari Binatang Sedunia.

Zimmermann mengajukan proposal untuk peringatan Hari Binatang Sedunia di sebuah kongres organisasi perlindungan hewan dunia di Kota Florence, Italia, pada Mei 1931. Kabar baiknya, proposal tersebut diterima. Ia juga menggunakan majalah Mensch und Hund atau Man and Dog untuk mempromosikan kesejahteraan hewan kepada masyarakat umum dan membentuk Komite Hari Binatang Sedunia 4 Oktober.

Simak juga 'Dugong Jadi Mamalia Besar Pertama yang Punah di China':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT