Rasakan Manfaat JKN, Pria Ini Akui Tak Ada Diskriminasi dalam Pelayanan

ADVERTISEMENT

Rasakan Manfaat JKN, Pria Ini Akui Tak Ada Diskriminasi dalam Pelayanan

Atta Kharisma - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 13:24 WIB
BPJS Kesehatan
Foto: Dok. BPJS Kesehatan
Jakarta -

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melayani masyarakat tanpa diskriminasi. Hal tersebut dirasakan langsung oleh Faozi (58), warga dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

Sejak tahun 2021, Faozi telah menjalani pemeriksaan dan pengobatan di RSUD Muara Teweh. Ia pun tidak segan membagikan pengalamannya menjalani pengobatan kepada kepada petugas BPJS SATU! (Siap Membantu) di ruang tunggu poli jantung RSUD Muara Teweh, Selasa (13/9).

"Di tahun 2021, saya pergi ke Jawa kemudian kembali lagi ke Muara Teweh dan ada keluhan sakit di bagian dada. Tadinya saya pikir karena kelelahan saja, tapi waktu saya periksa ke RSUD Muara Teweh, ternyata kolesterolnya tinggi dan dari hasil rontgen ternyata ada masalah juga di jantung. Jadi saat itu disarankan untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut hingga diinformasikan ada kemungkinan untuk operasi pemasangan ring jantung," ujar Faozi dalam keterangan tertulis, Selasa (4/10/2022).

"Tapi bersyukurnya tidak jadi dan pengobatan hingga sekarang cukup melalui obat rutin saja," sambungnya.

Faozi mengaku dalam pelayanan yang diterima, tidak pernah sekalipun ia merasa didiskriminasi. Ia mengatakan pelayanan yang ia rasakan sudah cukup baik tanpa dibeda-bedakan antara pasien umum atau yang lainnya.

"Walaupun saya mendaftarnya di kelas tiga sesuai kemampuan, tapi rasanya tidak ada perbedaan layanan dengan yang lain. Menurut saya, pelayanannya sudah sangat baik dan diperhatikan sehingga kepuasan pasien betul-betul terjaga," jelasnya.

Faozi juga mengaku telah terdaftar dalam Program Rujuk Balik (PRB) BPJS Kesehatan dan rutin mengonsumsi obat kronis untuk penyakit yang dideritanya. Ia mengungkapkan telah beberapa kali rawat inap selama tahun 2021 tanpa biaya dengan menggunakan layanan Program JKN.

"Tahun lalu saya juga pernah beberapa kali dirawat di RSUD Muara Teweh dengan menggunakan kartu JKN jadi tidak ada biaya sama sekali, bersyukur adanya Program JKN sangat membantu," ucapnya.

Faozi berharap Program JKN dapat terus berjalan dan memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat. Ia pun mengapresiasi kehadiran petugas BPJS SATU! yang secara baik memberikan informasi serta menjawab pertanyaan seputar Program JKN.

(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT