Legislator Dorong Polisi Bersalah di Tragedi Kanjuruhan Juga Dipidana

ADVERTISEMENT

Legislator Dorong Polisi Bersalah di Tragedi Kanjuruhan Juga Dipidana

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 04 Okt 2022 12:03 WIB
Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)
Habiburokhman (Dok. Habiburokhman)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mencopot sejumlah anggota Polri, termasuk Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat, buntut tragedi Kanjuruhan. Anggota Komisi III DPR Fraksi Gerindra Habiburokhman mengapresiasi langkah Kapolri yang dinilai sudah gerak cepat atau 'gercep' turun ke lapangan.

"Kami memahami, menghormati, dan mengapresiasi langkah cepat, gercepnya Pak Kapolri menangani kasus ini," kata Habiburokhman kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/10/2022).

Habiburokhman menyoroti sikap tegas Jenderal Sigit yang tak hanya menindak pihak-pihak terkait secara etik, tapi juga mengarah ke pidana. Dia meyakini proses penyidikan yang kini sudah dimulai bakal menetapkan pihak sebagai tersangka.

"Dan bukan hanya secara etik dan administrasi saja, saya dengar juga penyidikannya sudah dimulai. Artinya, akan ada tersangka-tersangka dan itu yang memang harus dilakukan karena kejadian ini pasti ada kesalahan, pasti ada pelanggaran prosedur, pelanggaran pidana. Jadi kami akan terus memantau apa langkah-langkah yang dilakukan Kapolri tersebut ke depan," ujarnya.

Waketum Gerindra itu berharap Jenderal Sigit tegas menindak pihak yang dinyatakan bersalah. Terlebih, lanjutnya, peristiwa ini menjadi sorotan internasional.

"Harapan Komisi III, Pak Kapolri, yang salah secara etik ditindak secara etik dan disiplin Polri, kedinasan. Yang salah secara pidana, ditindak secara pidana. Ini kasus yang sangat menyedihkan, bahkan kasus ini jadi perbincangan di dunia internasional," katanya.

Simak selengkapnya daftar anggota Polri yang dicopot buntut insiden Kanjuruhan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT