Tragedi Kanjuruhan, Megawati Perintahkan Tiga Pilar PDIP Bantu Korban

ADVERTISEMENT

Tragedi Kanjuruhan, Megawati Perintahkan Tiga Pilar PDIP Bantu Korban

Sukma Nur Fitriana - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 20:34 WIB
Presiden RI ke-5 tersebut menugaskan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, untuk langsung takziah ke rumah duka keluarga korban yang berdomisili di Malang Raya.
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu (1/10) lalu masih menyisakan duka mendalam. Bukan hanya bagi masyarakat yang sanak keluarganya menjadi korban, melainkan juga duka bagi bangsa Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri. Presiden RI ke-5 tersebut menugaskan Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah dan Menteri Sosial Tri Rismaharini, untuk langsung takziah ke rumah duka keluarga korban yang berdomisili di Malang Raya.

"Instruksi dari Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri kepada tiga pilar partai (Eksekutif, Legislatif, Struktural Partai) harus turun mendampingi dan meringankan beban yang harus ditanggung keluarga daripada korban insiden kerusuhan itu," ujar Ahmad Basarah di Kantor Kecamatan Klojen, Kota Malang, seperti dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

"Megawati juga perintahkan langsung tiga pilar partai PDI Perjuangan Malang Raya, Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah Kab. Malang dan Kota Batu, Ketua DPRD & Fraksi PDI Perjuangan se-Malang Raya serta Ketua DPC PDI Perjuangan se-Malang Raya untuk saling bergotong-royong membantu dan takziah langsung ke rumah keluarga korban sekaligus kita menyambung silaturahmi," imbuhnya.

Basarah menambahkan belasungkawa dari Megawati untuk korban di luar Malang nantinya akan disampaikan melalui pengurus DPC dan fraksi partai masing-masing. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengapresiasi penanganan yang telah diberikan berbagai pihak untuk mengatasi insiden tersebut.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat terutama Kementerian Sosial dan Kemenko PMK yang sudah responsif menangani paska insiden tersebut. Ini adalah cara pemerintah hadir untuk berada di tengah rakyatnya yang sedang berduka," ujarnya.

Ia juga memuji langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan juga Kabupaten Malang yang telah memberikan santunan kepada keluarga korban meninggal dunia, termasuk memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi para korban yang mengalami luka-luka.

"Ini langkah yang sangat baik, melalui penanganan yang cepat dan responsif bisa menghindari jatuhnya korban-korban lanjutan bisa diminimalisir. Dan mereka yang terluka bisa mendapatkan perawatan secara optimal," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan dirinya sekaligus mewakili Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengucapkan turut berdukacita mendalam kepada korban kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Yakinlah almarhum dan almarhumah insyaallah diberikan khusnul khotimah. Karena itu mari kita bersama ikhlaskan, karena dengan keikhlasan akan melapangkan jalan almarhum dan almarhumah berada di tempat yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wa Ta'ala," ucap Risma.

Turut hadir bersama Ahmad Basarah dan Tri Rismaharini, Menko PMK Muhadjir Effendi, Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur Sri Untari, Bupati Malang Sanusi, Walikota Malang Sutiaji, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto, dan Ketua DPRD Kabupaten Malang Darmadi, Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, dan Fraksi PDI Perjuangan se-Malang Raya.

(akd/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT