Kasus Tragedi Kanjuruhan Naik Tahap Penyidikan

ADVERTISEMENT

Kasus Tragedi Kanjuruhan Naik Tahap Penyidikan

Tim detikcom - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 18:37 WIB
Kenapa Banyak yang Meninggal di Stadion Kanjuruhan?
Tragedi Kanjuruhan (AFP via Getty Images/STR)
Jakarta -

Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat resmi dicopot buntut tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kasus ini naik ke tahap penyidikan.

"Sesuai dengan perintah Bapak Presiden, Bapak Kapolri memerintahkan tim bekerja secara cepat, namun demikian unsur ketelitian, kehati-hatian, dan juga proses pembuktian secara ilmiah juga menjadi standar tim ini bekerja," ujar Kadiv Humas Irjen Dedi Prasetyo, Senin (3/10/2022).

Dedi mengatakan hari ini melakukan pemeriksaan terhadap 20 orang sakti. Pasal yang akan diterapkan yakni 359 dan 360 KUHAP.

Dari hasil pemeriksaan itu, penyidik melakukan gelar perkara, dan saat ini kasus tragedi Kanjuruhan naik ke tahap penyidikan.

"Dari hasil gelar perkara meningkatkan status dari penyelidikan sekarang statusnya menjadi penyidikan, tim juga akan bekerja secara maraton," ucapnya.

Selain itu, sebanyak 28 personel Polri diperiksa propam terkait dugaan pelanggaran etik. Dedi mengatakan saat ini masih dalam proses pemeriksaan.

"Malam hari ini juga melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Polri sebanyak 28 personel Polri. Ini pun masih dalam proses pemeriksaan," jelasnya.

(idn/fjp)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT