Hari Guru Sedunia 2022 5 Oktober, Ini Bedanya dengan Hari Guru Nasional

ADVERTISEMENT

Hari Guru Sedunia 2022 5 Oktober, Ini Bedanya dengan Hari Guru Nasional

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 19:58 WIB
Hari Guru Sedunia 2022 akan dirayakan pada tanggal 5 Oktober mendatang. Berikut ini ulasan terkait tema Hari Guru Sedunia 2022 beserta sejarah perayaannya.
Ilustrasi guru mengajar di kelas (Foto: detikcom/ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Hari Guru Sedunia 2022 akan dirayakan pada tanggal 5 Oktober mendatang. Hari Guru Sedunia juga dikenal dengan istilah World Teachers Day. Peringatan ini sebagai apresiasi kepada para guru di seluruh dunia atas jasa mereka dalam membagikan ilmu yang bermanfaat.

Lalu, bagaimana dengan tema Hari Guru Sedunia tahun ini? Simak ulasan selengkapnya beserta sejarah Hari Guru Sedunia.

Tema Hari Guru Sedunia 2022

Dilansir situs resmi UNESCO, tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah "The transformation of education begins with teachers" atau yang diartikan sebagai "Transformasi pendidikan dimulai dari guru". Tidak hanya merayakan peran guru sebagai sosok yang berperan dalam perkembangan pendidikan, makna tema Hari Guru Sedunia 2022 adalah bentuk dukungan kepada guru-guru agar semakin semangat dalam menebarkan ilmu di seluruh dunia.

"Hari ini, pada Hari Guru Sedunia, kami merayakan peran penting guru dalam mengubah potensi peserta didik dengan memastikan mereka memiliki alat yang mereka butuhkan untuk bertanggung jawab atas diri mereka sendiri, untuk orang lain, dan untuk bumi ini," kata Audrey Azoulay, Direktur Jenderal UNESCO untuk peringatan Hari Guru Sedunia 2022, seperti dilihat detikcom, Senin (3/10/2022).

Hari Guru Sedunia 2022 akan dirayakan pada tanggal 5 Oktober mendatang. Berikut ini ulasan terkait tema Hari Guru Sedunia 2022 beserta sejarah perayaannya.Hari Guru Sedunia 2022 akan dirayakan pada tanggal 5 Oktober mendatang. Berikut poster peringatan Hari Guru Sedunia 2022. (Foto: UNESCO)

Sejarah Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia atau World Teachers Day diperingati sejak tahun 1994. Hari Guru Sedunia ini bertujuan untuk memperingati ulang tahun penandatanganan Rekomendasi ILO / UNESCO 1966 tentang Status Guru yang menetapkan tolak ukur hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, serta kondisi belajar-mengajar.

Apa Bedanya Hari Guru Sedunia dengan Hari Guru Nasional?

Peringatan Hari Guru Sedunia diperingati secara global sebagai bentuk apresiasi kepada guru atas jasa mereka dalam memajukan pendidikan. Hari Guru Sedunia juga diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Berbeda dengan Hari Guru Sedunia, Hari Guru Nasional di Indonesia dirayakan pada 25 November setiap tahunnya. Tujuan peringatan Hari Guru Nasional adalah untuk penghormatan kepada guru serta memperingati hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Meskipun terdapat perbedaan tanggal dan makna perayaan, Hari Guru Sedunia dan Hari Guru Nasional sama-sama merayakan peran guru dalam mengembangkan pendidikan di seluruh dunia.

Demikian ulasan terkait tema Hari Guru Sedunia 2022 beserta sejarah momentumnya. Semoga bermanfaat!

(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT