Aswanto 'Dicopot', Ini Komposisi 9 Hakim Konstitusi Saat Ini

ADVERTISEMENT

Aswanto 'Dicopot', Ini Komposisi 9 Hakim Konstitusi Saat Ini

Andi Saputra - detikNews
Senin, 03 Okt 2022 11:57 WIB
Dua orang ahli dihadirkan untuk menjadi saksi dalam sidang lanjutan Uji Formil UU KPK. Dua orang ahli itu yakni Zainal Arifin Mochtar dan Bivitri Susanti.
Sidang MK (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Suara DPR terhadap hakim konstitusi Aswanto ditarik dan menggantinya dengan Guntur Hamzah. Bagaimana komposisi hakim Mahkamah Konstitusi (MK) saat ini?

Berikut komposisi hakim MK sekarang yang dikutip dari website MK, Senin (3/10/2022):

Dari unsur Presiden:

Hakim MK dari unsur Presiden kini menjadi hakim MK yang paling lama pensiunnya. Sebab, ada yang pensiun sampai 2034 nanti. Mereka yaitu:

Hakim Konstitusi, Saldi ISraHakim Konstitusi, Saldi Isra (Ari Saputra/detikcom)

Prof Saldi Isra

Saldi Isra merupakan Profesor hukum/ Guru Besar Universitas Andalas. Sebelum di MK, Saldi dikenal aktivis antikorupsi. Pada 2008, Saldi menolak tegas perpanjangan usia hakim agung hingga usia 70 tahun dengan alasan perpanjangan usia tersebut dapat menghambat reformasi badan peradilan. Soalnya, reformasi tersebut mengharuskan adanya regenerasi hakim agung untuk menghindari terciptanya sebuah rezim kekuasaan kehakiman yang absolut dan berkepanjangan.

Namun pandangan Saldi yang mulai duduk di kursi MK sejak 2017 berubah. Ia harusnya selesai pada 2022. Namun Saldi setuju perpanjangan masa jabatannya hingga 11 April 2032.

Prof Enny Nurbaningsih

Enny merupakan guru besar UGM. Enny dipilih pada 13 Agustus 2018 dan harusnya selesai masa jabatan pada 2023. Namun Enny juga setuju dengan UU MK yang memperpanjang masa jabatannya hingga 27 Juni 2032.

Saat mengadili UU Cipta Kerja, Enny dan Saldi menyatakan UU Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat dan harus diperbaiki dalam tempo maksimal 2 tahun sebab cacat formil. Namun dalam UU Ibu Kota Negara (IKN) dan UU Mahkamah Konstitusi, keduanya tidak mempermasalahkan cacat formil kedua UU itu.

Daniel Pancastaki

Daniel merupakan hakim MK termuda yang dikirim Jokowi. Sejatinya, Daniel akan menjabat hingga 2025 namun ia juga setuju dengan UU MK yang memperpanjang masa jabatannya sampai 15 Desember 2034.

Sehari-hari, Daniel juga dosen di Universitas Atmajaya, Jakarta.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT