Wakil Ketua MPR Ajak Semua Pihak Kerja Sama Tangani Tragedi Kanjuruhan

ADVERTISEMENT

Wakil Ketua MPR Ajak Semua Pihak Kerja Sama Tangani Tragedi Kanjuruhan

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Minggu, 02 Okt 2022 11:32 WIB
Ahmad Basarah (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Foto: Ahmad Basarah (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah menyampaikan duka cita atas tragedi maut di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur. Ia mengajak semua pihak bekerja sama menangani kejadian tersebut.

"Saya akan terbang ke Malang siang ini untuk memantau langsung penanganan para korban meninggal dunia dan luka-luka oleh berbagai pihak terkait," kata Basarah dalam keterangannya, Minggu (2/10/2022).

Basarah juga mengajak semua pihak untuk memberikan dukungan dan santunan pada keluarga korban. Ia juga berharap semua pihak bergerak bersama di semua lini untuk menangani masalah ini.

"Semua lini pemangku kepentingan atas masalah ini harus hadir dan kerja bersama," ucap Basarah.

Basarah menyebut trategi tersebut menjadi ujian profesionalitas persepakbolaan Indonesia. Ia meminta semua pihak yang berkaitan dengan olahraga seperti KONI, PSSI, asosiasi olahraga, DPR yang membidangi olahraga, juga kepolisian untuk mengevaluasi dan bekerja lebih detail.

"Semua harus bekerja sama secara detail dan profesional," cetus Basahar.

Ia berpesan semua pihak harus saling bahu membahu menyelesaikan problematika persepakbolaan dalam negeri secara menyeluruh dan detail.

"Duduk bareng dan melakukan evaluasi secara menyeluruh," imbau Basarah.

Basarah meyakini masyarakat dan Aremania memiliki karakter dan kultur yang damai. Mereka tidak suka dengan kekerasan.

"Aremania pernah menjadi suporter terbaik nasional. Itu membuktikan bahwa Aremania suka damai, tidak suka kekerasan," sebut Basarah.

Ia meyakini dengan kultur dan karakter masyarakat Malang dan Aremania, masalah ini bisa segera selesai. Menurutnya hal yang perlu dilakukan dalam waktu dekat adalah melakukan recovery secepatnya khususnya kepada keluarga korban meninggal dunia maupun yang luka-luka dengan menggunakan semua sumber daya yang ada.

"Harus bersama-sama. Harus saling support dan saling menguatkan. Saya juga berharap agar Aremania dan warga Malang akan bisa melewati trauma ini dan mengambil hikmahnya," ujar Basarah.

(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT