ADVERTISEMENT

Tragedi Kanjuruhan, Ridwan Kamil Sentil Rating TV

Tim detikJabar - detikNews
Minggu, 02 Okt 2022 10:15 WIB
Sebuah mobil terbalik akibat kericuhan usai pertandingan BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, Minggu (2/10/2022). Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan tersebut. ANTARA FOTO/Vicki Febrianto/Zk
Mobil-mobil Rusak Usai Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang (ANTARA FOTO/Vicki Febrianto)
Jakarta -

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyoroti tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 127 orang dan banyak korban luka. Ia menyampaikan dukacita serta menyebut peristiwa itu sangat besar.

"Turut berdukacita, sungguh ini adalah tragedi terbesar dalam perhelatan olahraga di Indonesia. Turut berdukacita atas meninggalnya 127 penonton dan aparat petugas. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kesabaran," kata Ridwan Kamil dilansir detikJabar, pada Minggu (2/10/2022).

Ridwan Kamil menyebut ada pelajaran besar dari tragedi Kanjuruhan. Dia mengingatkan lagi bahwa olahraga seharusnya jadi ajang untuk belajar menerima kemenangan dan kekalahan. Di saat bersamaan, katanya, hal itu juga jadi pembelajaran bagi berbagai pihak, dari kepanitiaan hingga teknik pengamanan.

"Semua dari kita harus berintrospeksi atas tragedi ini. Tujuan berolahraga, pembelajaran menerima kemenangan atau kekalahan, profesionalitas kepanitiaan sebuah kegiatan olahraga, teknik pengamanan dll," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu lalu menyenggol rating TV. Sebab, ujarnya, laga-laga penting dan menyita perhatian kerap digelar dan disiarkan malam hari.

"Jangan selalu kejar demi rating TV dengan memaksa pertandingan selalu malam hari. Semoga kita belajar dan mengambil hikmah dari semua ini. Hatur Nuhun," kata Ridwan Kamil.

Simak selengkapnya di sini.

Lihat Video: FIFA Sudah Larang Gas Air Mata! Polri Tetap Gunakan, Kenapa?

[Gambas:Video 20detik]




(yld/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT