Sederet Langkah Partai Golkar Bela & Amalkan Nilai-nilai Pancasila

ADVERTISEMENT

Sederet Langkah Partai Golkar Bela & Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Angga Laraspati - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 17:49 WIB
Ilustrasi Partai Golkar
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Indonesia memiliki satu ideologi yang terus dipegang teguh hingga saat ini yaitu Pancasila. Oleh karena itu, beberapa pemimpin hingga tokoh berpengaruh kerap memberi pesan untuk terus mengamalkan dan membela nilai-nilai dari Pancasila tersebut.

Hal ini juga yang coba dilakukan oleh salah satu partai tertua di Indonesia yaitu Partai Golkar. Partai dengan lambang pohon beringin ini terus berupaya untuk membela dan juga mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Ada beberapa kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh Partai yang identik dengan warna kuning ini, salah satunya adalah membantu warga Indonesia yang membutuhkan. Nilai gotong royong ini pun jadi contoh Golkar dalam mengamalkan Pancasila.

Seperti pada 11 September yang lalu, partai yang dinahkodai oleh Airlangga Hartarto ini membagikan bantuan untuk korban gempa yang terjadi di Mentawai. Diketahui, Gempa bermagnitudo 6,1 dan 5,4 mengguncang barat laut Kepulauan Mentawai pada saat itu.

"Saya sudah perintahkan Pengurus Golkar Mentawai dan Sumbar untuk segera memberikan bantuan yang diperlukan korban gempa," ujar Airlangga dalam keterangan tertulis beberapa waktu yang lalu.

Ketua DPD 2 Partai Golkar Kabupaten Mentawai, Yakub Saguruk pun mengaku langsung menindak cepat instruksi Airlangga. Adapun bantuan yang diberikan antara lain obat-obatan, sembako beras, mie instan, tenda, minyak makanan, sabun, telur hingga kebutuhan bayi dan balita, seperti popok dan susu.

Contoh lainnya adalah pada 28 April 2022 yang lalu. Saat itu Wakil Ketua Umum Golkar Bambang Soesatyo (Bamsoet) membagikan 1.000 paket sembako untuk masing-masing tiga kabupaten di Daerah Pemilihan Jawa Tengah VII yang meliputi Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen.

Bantuan disalurkan melalui pengurus daerah Partai Golkar sebagai kepedulian kepada masyarakat yang masih terdampak pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir.

"Salah satu hikmah Ramadan adalah meningkatkan kepedulian kepada sesama. Misalnya dengan memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita, memberi makan kepada mereka yang berpuasa, menyalurkan infak, zakat, dan sedekah. Di situlah indahnya ajaran Islam dalam membangun kepedulian dan solidaritas sosial," ujar Bamsoet.

Ada aktivitas lainnya yang juga dilakukan oleh Partai Golkar, mulai dari memberikan bantuan minyak goreng gratis yang dilakukan oleh salah satu legislator Golkar hingga bantuan untuk korban erupsi Gunung Semeru pada bulan Desember tahun lalu.

Hal ini juga yang ingin disampaikan Partai Golkar pada video yang diupload di YouTube baru-baru ini. Video dengan judul 'Saking Saktinya, Adem Liatnya' ini memperlihatkan kesaktian dari Pancasila yang jadi ideologi Indonesia.

"57 tahun kita sudah hidup dalam damai. Dalam indahnya keberagaman. Dalam indahnya kebersamaan. Berbeda-beda tapi bertetangga. Berbeda-beda tapi bersaudara. Berbeda-beda tapi tetap satu jua. Toleransi menjadi kata kuncinya, saling mengerti menjadi sikapnya. 57 tahun Pancasila membuktikan kesaktiannya, jangan biarkan apapun mencerai-berai kita. Saktinya Pancasila, kuatnya bangsa kita," dikutip dari tulisan yang ada di video tersebut.

Video itu juga menunjukan beberapa keberagaman dalam hal beragama, suku dan budaya dan juga kebersamaan ketika ada hari-hari besar yang jadi bukti saktinya Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Simak Video 'Pesan Prabowo Hingga Kapolri di Hari Kesaktian Pancasila':

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT