Gempa di Tapanuli Utara: Kekuatan hingga Jumlah Korban

ADVERTISEMENT

Gempa di Tapanuli Utara: Kekuatan hingga Jumlah Korban

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 14:41 WIB
Gempa di Tapanuli Utara terjadi sebanyak tiga kali guncangan pada Sabtu (1/10/2022). Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di wilayah Sumatera Utara tersebut.
Ilustrasi gempa bumi (Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9)
Jakarta -

Gempa di Tapanuli Utara terjadi sebanyak tiga kali guncangan pada Sabtu (1/10/2022). Sejumlah bangunan pun rusak akibat gempa di wilayah Sumatera Utara tersebut.

Lantas, berapa besaran guncangan gempa di Tapanuli Utara itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Besaran Gempa di Tapanuli Utara

Gempa bumi melanda Tapanuli Utara pada Sabtu (1/10/2022) dini hari. Menurut keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), ada tiga kali guncangan di Tapanuli Utara, yakni:

  • Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 02.28 WIB: Gempa M 6,1 terjadi di Tapanuli Utara. Gempa berada pada kedalaman 10 kilometer
  • Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 02.50 WIB: Gempa M 5,1 di Tapanuli Utara
  • Sabtu, 1 Oktober 2022 pukul 03.37 WIB: Gempa M 5 di Tapanuli Utara.
Gempa di Tapanuli Utara terjadi sebanyak tiga kali guncangan pada Sabtu (1/10/2022). Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di wilayah Sumatera Utara tersebut.Gempa di Tapanuli Utara terjadi sebanyak tiga kali guncangan pada Sabtu (1/10/2022). Sejumlah bangunan rusak akibat gempa di wilayah Sumatera Utara tersebut. (Robby Bernardi/detikcom)

Korban Gempa di Tapanuli Utara

Gempa di Tapanuli Utara menimbulkan korban jiwa setelah guncangan M 6,1. Satu orang dinyatakan tewas akibat gempa tersebut.

"Gempa bumi ini menimbulkan satu korban jiwa meninggal," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada wartawan, Sabtu (1/10/2022).

Bukan hanya korban tewas, sembilan orang mengalami luka-luka. Lima bangunan juga roboh setelah terkena guncangan gempa di Tapanuli Utara.

"Sembilan korban luka dan lima bangunan roboh," ucap Dwikorita.

Daerah-daerah yang Merasakan Gempa M 6 di Tapanuli Utara

Gempa M 6,1 di Tapanuli Utara terasa hingga ke sejumlah daerah. Berdasarkan data dari BMKG, berikut daftar daerah yang dimaksud.

  1. Tarutung
  2. Singkil
  3. Sipahutar
  4. Tapaktuan
  5. Gunungsitoli.

Tanah Longsor Usai Gempa di Tapanuli Utara

Gempa dengan magnitudo 6,0 mengguncang Tapanuli Utara (Taput), Sumatera Utara. Sejumlah rumah dilaporkan rusak akibat gempa itu. Jalanan pun terkena tanah longsor.

"Ada fasilitas umum, rumah ibadah, sekolah, rumah penduduk. Jalan ada yang longsor, ini mau menurunkan alat berat," kata Sekretaris BPBD Taput, Jonner Simanjuntak, Sabtu (1/10/2022).

Dua daerah yang terdampak cukup parah adalah Tarutung dan Parmonangan. Banyak rumah dan fasilitas umum di sana yang rusak akibat gempa.

"Paling parah di Tarutung, Parmonangan" ucap Jonner.

Rumah Terbakar Akibat Gempa Tapanuli Utara

Selain tanah longsor, gempa di Tapanuli Utara juga menimbulkan kebakaran. Hal tersebut diduga terjadi akibat adanya korsleting listrik pascagempa.

"Di Kecamatan Pahae Jaya, Desa Sarulla, ada 19 rumah. Akibat gempa ini juga, diduga akibat korsleting listrik," ungkap Sekretaris BPBD Taput, Jonner Simanjuntak.

Simak Video 'Dampak Gempa M 5,8 Tapanuli Utara: 1 Orang Tewas, 5 Bangunan Roboh':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT