Sosok Kuntilanak di Baliho Bandung, Ini 5 Hal yang Diketahui

ADVERTISEMENT

Sosok Kuntilanak di Baliho Bandung, Ini 5 Hal yang Diketahui

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Sabtu, 01 Okt 2022 13:28 WIB
Jakarta -

Munculnya kuntilanak di baliho Bandung, Jawa Barat sempat meresahkan masyarakat. Sosok kuntilanak terlihat berdiri tegak di atas billboard di jalan kota Bandung.

Hal ini tentu saja membuat pengendara yang melintasi lokasi menjadi was-was karena kuntilanak tersebut. Berikut sederet hal yang diketahui soal munculnya kuntilanak di baliho Bandung.

Kuntilanak di Baliho Bandung: Ternyata Boneka

Kemunculan kuntilanak di baliho Jalan Dipatiukur, Bandung, Jawa Barat menarik perhatian banyak pihak. Setelah ditelusuri, kuntilanak tersebut adalah sebuah boneka. Meskipun demikian, hal ini tetap membuat pengendara menjadi was-was.

"Pertama kali lihat mah sempet kaget, soalnya mirip banget sama kuntilanak. Apalagi kalau malem, kayak beneran aja. Tapi pas dideketin, ternyata cuma boneka doang," kata warga sekitar bernama Candra, dikutip dari detikJabar, Sabtu (1/10/2022).

Munculnya kuntilanak di baliho Bandung, Jawa Barat sempat meresahkan masyarakat. Sosok kuntilanak terlihat berdiri tegak di atas billboard di kota Bandung.Munculnya kuntilanak di baliho Bandung, Jawa Barat sempat meresahkan masyarakat. Sosok kuntilanak terlihat berdiri tegak di atas billboard di kota Bandung. (Foto: Wisma Putra/Detikcom)

Polisi Bandung Turun Tangan

Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Bandung Iptu Arif mengatakan boneka kuntilanak itu dapat mengganggu konsentrasi para pengendara yang melintas. Oleh karena itu, pihaknya turun tangan untuk mengecek langsung boneka kuntilanak tersebut.

"Menindaklanjuti terkait viralnya kuntilanak yang berada di atas billboard ini mengganggu konsentrasi pengguna jalan, terutama di malam hari," kata Arif, dikutip detikcom, Sabtu (1/10/2022).

Boneka Kuntilanak di Baliho Bandung: Media Iklan

Diketahui, sosok kuntilanak yang dipasang di baliho itu adalah media iklan. Boneka kuntilanak tersebut digunakan sebagai ajang promosi sebuah film layar lebar yang akan tayang beberapa hari mendatang.

Iklan promosi tayangan film horor itu sudah mengantongi izin di DPMPST Kota Bandung. Namun, adanya kuntilanak tetap saja membahayakan.

"Saya telepon langsung DPMPST-nya (papan reklamenya) berizin," ucap Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Bandung Iptu Arif.

Kuntilanak di Baliho Bandung: Membahayakan Pengendara

Kemunculan kuntilanak di baliho iklan di Bandung itu menuai kontroversi. Sosok kuntilanak itu dinilai dapat merusak fokus dan konsentrasi pengendara yang melintasi lokasi tersebut.

"Pengamatan kami yang membahayakan bonekanya, iklannya enggak ada masalah, cuman bonekanya betul menyerupai kuntilanak jadi pengguna jalan banyak hilang fokus dan konsentrasi," jelas Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Bandung Iptu Arif.

Boneka Kuntilanak Sudah Diturunkan Petugas

Pihak Satpol PP Kota Bandung akhirnya menurunkan bonela kuntilanak di baliho Bandung itu. Penurunan kuntilanak itu dibenarkan oleh Kanit Gakum Satlantas Polrestabes Bandung IPTU Arif.

"Sudah diterbitkan, sore tadi," ujar Arif, Jumat (30/9/2022) malam.

(kny/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT