Mahasiswa Demo BBM di Patung Kuda Siang Ini, 2.000 Personel TNI-Polri Siaga

ADVERTISEMENT

Mahasiswa Demo BBM di Patung Kuda Siang Ini, 2.000 Personel TNI-Polri Siaga

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 30 Sep 2022 10:10 WIB
Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) akan menggelar aksi di kawasan Patung Kuda dan DPR RI, Jakarta Pusat. Lalu Lintas di sekitar Istana Merdeka pun masih dibuka pagi ini.
Mahasiswa demo di Patung Kuda siang ini, ribuan personel TNI-Polri akan mengawal. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah elemen mahasiswa bakal menggelar aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, hari ini. Ribuan personel pengamanan pun telah disiapkan.

"Untuk gabungan TNI-Polri sebanyak 2.000-an personel kita siapkan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dihubungi, Jumat (30/9/2022).

Aksi demonstrasi itu bakal digelar siang nanti sekitar pukul 14.00 WIB. Komarudin mengatakan ada 11 titik konsentrasi massa di Jakarta Pusat hari ini.

"Dari 11 titik ini yang (demo) BBM di Patung Kuda saja," katanya.

Komarudin mengatakan tidak ada pengamanan khusus yang dilakukan hari ini. Pengalihan arus lalu lintas di lokasi pun bersifat situasional.

"(Pengalihan) jalan situasional, kita lihat. Kita harapkan mereka mau melaksanakan menyampaikan aspirasi di titik yang memang tidak mengganggu aktifitas masyarakat lain," katanya.

Dihubungi terpisah, Koordinator Bidang Sosial Politik BEM UI, Melki, mengatakan selain BEM UI sejumlah elemen mahasiswa lain pun bakal turut serta dalam demo di Patung Kuda siang ini.

Dia mengatakan BEM Kema Unpad, BEM KM UGM, BEM SI Kerakyatan akan turut bergabung. Setidaknya ada tujuh tuntutan yang mereka bawa dalam demo hari ini.

"Tuntutan ada banyak isu ada tuju isu seperti pelanggaran HAM masa lalu, RUU KUHP dan juga RUU Masyarakat Adat dan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga yang stagnan di parlemen, terkait KKN, terkait reformia agraria, terkait BBM juga kita bicara di sana," katanya.

Melki mengatakan ada ratusan massa yang hadir dalam demo siang nanti. Dia menyebut demo hari ini sebagai pembuka gerakan massa lainnya di kemudian hari.

"Tujuan aksi kita hari ini adalah bagaimana kita bisa memperingatkan Pak Jokowi untuk menuntaskan masalah-masalah ini sebelum kita akan turun lebih besar lagi di bulan selanjutnya," tutur Melki.

Simak juga 'Jokowi Bandingkan Harga BBM hingga Gas dengan Negara lain':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT