ICW: Keputusan Febri Diansyah Bela Ferdy Sambo Gegabah!

ADVERTISEMENT

ICW: Keputusan Febri Diansyah Bela Ferdy Sambo Gegabah!

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 21:38 WIB
Kurnia Ramadhana
Foto: Ari Saputra/detikcom
Jakarta -

Indonesia Corruption Watch (ICW) buka suara soal keputusan Febri Diansyah bergabung di tim penasihat hukum Ferdy Sambo dan Istri. ICW menganggap keputusan Febri gegabah.

"Bagi kami, putusan untuk mendampingi proses hukum seseorang yang diduga melakukan pembunuhan berencana dan cenderung tidak kooperatif terhadap proses hukum merupakan langkah yang amat gegabah. Untuk itu, kami menyayangkan pilihan tersebut akhirnya diambil oleh Febri," kata Kurnia Ramadhana dalam keterangannya, Kamis (29/9/2022).

Kurnia menegaskan, sikap dan keputusan Febri tersebut tidak ada sangkut pautnya dengan ICW. Sebab, sebelum berkarier menjadi Kepala Biro Humas KPK Febri sempat menjadi aktivis di ICW.

"Keputusan Febri Diansyah untuk bergabung dalam tim hukum istri Sambo merupakan sikap pribadi yang bersangkutan dan tidak ada kaitan dengan ICW," tegasnya.

Kurnia mengherankan sikap Febri yang semestinya memahami narasi soal keberpihakan atas korban kejahatan. Semestinya, kata Kurnia, Febri tak mendampingi Irjen Ferdy Sambo dan Istri.

"Dengan narasi akan selalu berpihak pada korban kejahatan, mestinya Febri tidak mengambil keputusan untuk mendampingi Tersangka pembunuhan berencana seperti istri Ferdy," tutup Kurnia.

Adapun Febri Diansyah tergabung dalam tim pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Putri Candrawathi adalah tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Yosua.

Selain Febri, tim kuasa hukum Ferdy Sambo, yakni Arman Hanis, Sarmauli Simangunsong, dan Rasamala Aritonang.

Tim kuasa hukum Febry Sambo dan Putri Candrawathi akan menggelar jumpa pers sore ini. Sejumlah hal yang disampaikan mengenai pelimpahan perkara kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Alasan Febri Diansyah Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo

Untuk diketahui, Febri Diansyah secara spesifik tidak menjelaskan sejak kapan dia diminta sebagai pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Namun dia mengatakan akan melakukan pendampingan hukum secara objektif.

"Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif," kata Febri kepada wartawan, Rabu (28/9).

"Jadi, sebagai advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual," lanjutnya.

Demikian profil Febri Diansyah, mantan juru bicara KPK yang kini menjadi pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

(maa/maa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT