Dirut Taspen Dapat Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Pensiunan

ADVERTISEMENT

Dirut Taspen Dapat Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Pensiunan

Arief Budiman - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 20:48 WIB
Dirut PT Taspen Raih Penghargaan di Ajang Rakyat Merdeka Award 2022
Foto: Taspen
Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen Persero) meraih Penghargaan Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan pada kategori Korporasi Perbankan dan Lembaga Keuangan dalam Ajang Rakyat Merdeka Award 2022. Penghargaan ini membuktikan PT Taspen selalu berupaya memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengakses layanan dan terus berinovasi di tengah perkembangan teknologi.

Adapun penghargaan ini diberikan langsung kepada Direktur Utama Taspen A.N.S. Kosasih dan diserahkan oleh CEO RM Group Kiki Iswara Darmayana di Bali Room, Kempinski Hotel, Jakarta, Rabu (28/9) dalam rangkaian kegiatan hari jadi Rakyat Merdeka yang ke-23 dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Apresiasi tertinggi kami berikan kepada seluruh Insan Taspen atas dukungan dan kontribusinya selama ini dalam menciptakan beragam inovasi layanan digital. Kami percaya bahwa kualitas prima dan seluruh inovasi layanan Taspen dibangun untuk memudahkan peserta mengakses layanan yang optimal sekaligus sebagai apresiasi kepada para ASN serta pensiunan yang telah mengabdi kepada negara. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan penuh Menteri BUMN Bapak Erick Thohir yang selalu mendukung Taspen untuk tetap berinovasi di tengah badai pandemi COVID-19 dan tuntutan digitalisasi yang semakin dibutuhkan masyarakat luas. Kami ucapkan terima kasih kepada Rakyat Merdeka atas penghargaan yang diberikan kepada Taspen . Kami persembahkan penghargaan ini untuk seluruh insan Taspen yang senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi seluruh Peserta kami dan bagi Pembangunan Perekonomian Indonesia," ujar Kosasih dalam keterangan tertulis, Kamis (29/09/2022).

Selain itu, Penghargaan ini diraih Taspen salah satunya berkat Program TASPEN PESONA yang telah memberikan kemudahan akses layanan bagi ratusan ASN, serta Program WIRAUSAHA PINTAR yang telah terbukti dapat mendongkrak kesejahteraan ASN dan Pensiunan ASN.

Hingga September 2022, tercatat sebanyak 45.004 peserta Taspen yang sudah menggunakan layanan TASPEN Care untuk pengurusan seluruh layanan Taspen. Sebanyak 257.118 klaim peserta telah berhasil diselesaikan secara optimal melalui layanan e-Klaim.

Taspen telah melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 82.852 ASN yang sebagian cukup besar telah memulai bisnis UMKM di mana 1.505 UMKM di antaranya telah mampu melaksanakan bisnis secara sustainable dan menghasilkan laba di tahun 2022, jauh di atas target yang ditetapkan oleh stakeholders Taspen.

Sementara itu, CEO RM Group Kiki Iswara Dramayana berikan ucapan selamat sekaligus apresiasi kepada Bapak A.N.S Kosasih terkait penghargaan yang didapatkannya.

"Kami ucapkan selamat kepada Bapak A.N.S Kosasih sebagai Tokoh Transformasi Layanan untuk Kesejahteraan Pensiunan. Seperti diketahui, di masa pandemi, sejumlah tokoh perbankan berupaya menciptakan program-program terbaik untuk menjaga kondisi ekonomi. Sejumlah perusahaan perbankan dan teknologi turut menolong usaha rakyat melalui bantuan pendanaan, pelatihan digitalisasi, dan pemberian bimbingan sampai mandiri tidak hanya di perkotaan, tetapi hingga ke pelosok daerah. Itu semua telah dilakukan Taspen, sehingga Taspen layak meraih penghargaan ini," kata Kiki Iswara.
Selama masa pandemi COVID-19, Taspen telah memberlakukan kebijakan agar peserta tidak perlu lagi datang ke kantor Taspen untuk mengurus administrasi. Bekerja sama dengan Kementerian Pan-RB, Taspen menerapkan layanan One Stop Services di Mall Pelayanan Publik (MPP) di 39 lokasi di Indonesia.

Selain itu, Taspen juga menerapkan digital otentikasi yang memungkinkan peserta melakukan otentikasi melalui smartphone dan mengambil hak pensiun langsung melalui ATM. Serta Taspen juga bermitra dengan PT Pos Indonesia untuk terus meningkatkan serta memudahkan dalam hal pembayaran pensiun bagi para peserta.

"Melalui program WIRAUSAHA PINTAR, puluhan ribu dari pensiunan sudah dapat kami arahkan untuk menjadi wirausaha. Setelah ini, Insha Allah kita bisa segera meluncurkan program perumahan terjangkau untuk ASN dan juga Pensiunan. Ini merupakan komitmen TASPEN untuk terus konsisten, tanggap, dan pro-aktif dalam pelayanan, serta menjunjung keandalan layanan bagi seluruh peserta," pungkas Kosasih.

(fhs/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT