Paulus Waterpauw Desak Lukas Enembe Mundur dari Gubernur Papua

ADVERTISEMENT

Paulus Waterpauw Desak Lukas Enembe Mundur dari Gubernur Papua

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 18:58 WIB
Profil Lukas Enembe, Kini Dicegah ke LN Usai Jadi Tersangka
Lukas Enembe (Wilpret/detikcom)
Jakarta -

Pj Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw meminta Gubernur Papua Lukas Enembe mundur dari jabatannya. Paulus mengaku malu melihat hedonisme yang dipamerkan Lukas yang tidak memperhatikan kondisi rakyat Papua.

"Walaupun dalam hati saya menangis melihat masyarakat kita yang ditinggal oleh pemimpinnya tanpa bertanggung jawab, sedih hati kita dan bikin malu," kata Paulus di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/9/2022).

"Apalagi hedonisme yang ditunjukkan dengan cara menghabis-habiskan uang rakyat. Menurut saya, tidak pantas menjadi pemimpin itu. Saya mengatakan itu, tegas, lebih baik dia mundur saja daripada nanti ditangkap KPK," sambungnya.

Berangkat dari itulah, Paulus juga merasa terpanggil untuk menjadi wakil gubernur Papua menggantikan almarhum Klemen Tinal. Namun diketahui, saat ini, posisi Wakil Gubernur Papua masih kosong.

"Itulah kemungkinan saya diminta untuk hadir di dalam mengisi, meninggalnya wagub dan saya pikir soal mekanisme proses tapi kan saya sendiri juga prinsipnya kalau tidak ada kejelasan saya juga tidak akan ngotot," ujarnya.

Lukas Enembe Tersangka KPK

Seperti diketahui, Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah diduga menerima gratifikasi Rp 1 miliar terkait APBD di Papua pada awal September lalu. Namun kuasa hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, membantah tudingan bahwa uang tersebut merupakan gratifikasi.

Lukas pun sudah beberapa kali dipanggil KPK, tapi Gubernur Papua itu masih belum juga memenuhi panggilan. Kuasa hukum Gubernur Papua Lukas Enembe, Aloysius Renwari, mengungkapkan Lukas Enembe sampai saat ini masih dalam perawatan sehingga tidak dapat menghadiri panggilan KPK.

Temuan Private Jet

Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terus mengungkap temuan terkait kasus Lukas Enembe. Terbaru, MAKI membeberkan rute perjalanan jet pribadi Gubernur Papua itu.

Perjalanan ke luar negeri ini diungkap oleh Koordinator MAKI Boyamin Saiman dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (25/9). Lukas Enembe disebut 3 kali menggunakan jet pribadi.

Selain terbang ke Singapura dan Malaysia, Lukas sempat terbang ke Jerman. Namun Boyamin tak mengetahui soal aktivitas Lukas di Jerman.

"Ke Jerman kita tidak tahu apakah di sana juga judi dan apakah ada izin dari Mendagri," ujar Boyamin.

Lukas Enembe, kata Boyamin, juga sempat beberapa kali memakai jet pribadi.

(whn/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT