Kisah Rajah di Menara Kudus yang Bikin Pejabat Takut Berkunjung

ADVERTISEMENT

Kisah Rajah di Menara Kudus yang Bikin Pejabat Takut Berkunjung

Dian Utoro Aji - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 16:01 WIB
Pintu masuk ke Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Kamis (29/9/2022).
Pintu masuk ke Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus, Kamis (29/9/2022). (Dian Utoro Aji/detikJateng)
Kudus -

Masjid dan Menara Sunan Kudus menyimpan cerita sejarah yang menarik dan diyakini masyarakat hingga sekarang. Sebuah Rajah Kalacakra atau Kolocokro yang berada di pintu masuk kawasan Masjid Menara Kudus diyakini bisa melengserkan pejabat level tinggi yang melintasinya.

"Masih ditakuti pejabat sampai saat ini. Ini dibuktikan jarangnya pejabat yang ke sini," kata Humas Yayasan Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus (YM3K), Denny Nur Hakim, saat ditemui di kantornya, seperti dilansir detikJateng, Kamis (29/9/2022).

Pantauan detikJateng di lokasi, aktivitas di kompleks Masjid, Menara, dan Makam Sunan Kudus begitu ramai. Peziarah lalu lalang mendatangi makam salah satu Wali Sanga, Sunan Kudus atau Jafar Shodiq.

Rajah Kolocokro itu berada di pintu masuk ke Masjid. Di samping bangunan khas menara setinggi 18 meter dan berbahan batu bata itu terdapat sebuah gapura pintu masuk.

Denny mengatakan cerita tentang Rajah Kolocokro masih ditakuti para pejabat hingga sekarang. Denny mengatakan banyak pejabat level tinggi yang tidak pernah ke Masjid, Menara, Makam Sunan Kudus.

Dari cerita turun-temurun diyakini Sunan Kudus memasang Rajah Kolocokro karena tidak suka dengan orang yang memamerkan kekuasaan ataupun jabatan. Hal inilah yang diyakini menjadi alasan Sunan Kudus memasang rajah tersebut.

Baca selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Fosil Gading Gajah Purba Ditemukan, Panjangnya 2,5 Meter':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT