Hari Batik Nasional 2022 Tanggal 2 Oktober, Simak Sejarah Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Batik Nasional 2022 Tanggal 2 Oktober, Simak Sejarah Peringatannya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 13:41 WIB
Hari Batik Nasional 2022: Sejarah dan Twibbon Perayaan
Hari Batik Nasional 2022: Sejarah dan Twibbon Perayaan | Foto: detikcom/Thinkstock
Jakarta -

Hari Batik Nasional 2022 adalah salah satu peringatan hari penting di bulan Oktober 2022. Hari Batik Nasional diperingati pada tanggal 2 Oktober 2022 setiap tahunnya sejak batik diakui sebagai warisan budaya takbenda dari Indonesia oleh UNESCO.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Hari Batik Nasional 2022, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Sejarah Hari Batik Nasional 2022

Kapan Hari Batik Nasional sudah terjawab yaitu tanggal 2 Oktober. Sejarah Hari Batik Nasional 2022 diperingati sejak ditetapkannya batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang berasal dari Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Penetapan Batik Indonesia sebagai warisan budaya takbenda oleh UNESCO tersebut sejak tanggal 2 Oktober 2009. Dikutip dari laman UNESCO, batik melambangkan kehidupan manusia mulai awal hingga akhir.

"Teknik, simbol, dan kebudayaan terkait teknik mewarnai katun dan sutra dengan tangan (hand-dyed) yang dikenal sebagai Batik Indonesia, menjadi simbol kehidupan masyarakat mulai awal hingga akhir. Untuk gendongan bayi, kain batik yang digunakan punya simbol keberuntungan untuk anak. Sedangkan batik yang digunakan saat ada yang meninggal menggunakan simbol berduka," tulis UNESCO.

Selanjutnya, Hari Batik Nasional ditetapkan oleh Presiden Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 33 tahun 2009. Keppres ini diteken pada tanggal 17 November 2009.

Berikut ini 3 hal yang menjadi pertimbangan tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional:

  1. United Nations Educational Scientific Cultural Organization (UNESCO) mengukuhkan batik Indonesia masuk ke dalam Daftar Representatif Budaya Takbenda warisan manusia yang merupakan pengakuan internasional terhadap mata budaya Indonesia.
  2. Pengukuhan tersebut diharapkan dapat meningkatkan citra positif bangsa Indonesia di mata dunia. Selain itu, diharapkan pula batik dapat meningkatkan rasa cinta dan bangga masyarakat terhadap budaya Indonesia.
  3. Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan upaya perlindungan dan pengembangan batik Indonesia, maka ditetapkanlah tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.
Hari Batik Nasional 2022: Sejarah dan Twibbon PerayaanHari Batik Nasional 2022: Sejarah dan Twibbon Perayaan | Foto: detikcom/Thinkstock

Twibbon Hari Batik Nasional 2022

Bagaimana cara memperingati Hari Batik Nasional 2022? Untuk memperingati Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober 2022 dapat dengan menggunakan twibbon tema Hari Batik Nasional 2022. Melansir situs Twibbonize, ada beberapa link twibbon Hari Batik Nasional 2022 yang dapat digunakan sebagai berikut.

Daftar 10 link twibbon Hari Batik Nasional 2022:

Berikut ini cara memasang twibbon Hari Batik Nasional 2022:

  1. Pilih salah satu Twibbon Hari Batik Nasional 2022 yang ingin dipakai dari daftar link di atas.
  2. Kemudian, akan diarahkan ke laman Twibbonize lalu klik 'Pilih Foto'.
  3. Pilih foto yang ingin digunakan pada Twibbon Hari Batik Nasional 2022, lalu klik 'OK'.
  4. Foto yang dipilih akan muncul di Twibbon Hari Batik Nasional 2022. Letak foto dapat digeser kemudian klik 'crop'.
  5. Twibbon Hari Batik Nasional 2022 sudah jadi dan dapat digunakan.
  6. Untuk menggunakan twibbon caranya klik 'download' dan Twibbon akan tersimpan di galeri.

Demikian penjelasan tentang Hari Batik Nasional 2022 serta informasi sejarah dan daftar twibbonnya. Selamat Hari Batik Nasional 2022!

(wia/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT