Ketua Komnas HAM Ceritakan Kondisi Kesehatan Lukas Enembe Saat Bertemu

ADVERTISEMENT

Ketua Komnas HAM Ceritakan Kondisi Kesehatan Lukas Enembe Saat Bertemu

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 12:26 WIB
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik
Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik (Foto: Mulia Budi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik bertemu dengan Gubernur Papua Lukas Enembe yang kini berstatus tersangka KPK di kediaman pribadi Lukas Enembe. Taufan menceritakan kondisi Lukas Enembe.

Taufan menyatakan Komnas HAM tidak akan mencampuri proses hukum terhadap Lukas Enembe di KPK. Dia mengatakan dirinya juga tidak mengetahui penyakit apa yang dialami Lukas karena hal itu merupakan wewenang dokter.

"Kondisinya kelihatan tidak sedang sehat. Saya berkali-kali bertemu dengan beliau ini, dulu ada koordinasi biasa. Saya bertemu beliau berkali-kali di Papua, Jakarta. Memang kalau dibandingkan pertemuan kemarin itu dalam kondisi kurang sehat. Tapi yang tahu persisnya kan dokter," kata Taufan saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

Taufan mengatakan dirinya ke Papua untuk pelaksanaan program Komnas HAM, yakni dialog damai. Menurutnya, saat berada di Papua, ada undangan dari pihak Lukas Enembe. Dia dan tim Komnas HAM kemudian memenuhi undangan itu sehingga bertemu dengan Lukas Enembe.

Taufan juga menjelaskan Lukas Enembe menyatakan dirinya siap untuk diperiksa dan menghormati proses hukum di KPK. Namun, katanya, Lukas Enembe berharap KPK memahami kondisi kesehatan.

"Dia katakan dia siap mengikuti proses hukum, menghormati proses hukum," tuturnya.

"Dia bilang semalam, 'Saya akan patuhi proses hukum, tapi tolong pertimbangkan hak kesehatan saya'," sambung Taufan.

Taufan juga menyebut banyak massa pendukung Lukas Enembe yang berada di depan kediaman pribadi Lukas Enembe. Dia mengatakan massa pendukung Lukas Enembe juga telah menyampaikan aspirasi mereka.

Taufan mengatakan, saat pertemuan itu, pengacara Lukas Enembe menelepon Direktur Penyidikan KPK, Asep Guntur Rahayu. Dia mengatakan, dalam percakapan dengan pengacara Lukas, Asep menjelaskan KPK sudah memiliki langkah terkait penanganan kesehatan Lukas Enembe. Taufan kembali menegaskan Komnas HAM tak akan ikut campur proses hukum.

"Ngomong sama saya juga, saya katakan, kami sangat menghormati semua langkah KPK ya, kami ke sini hanya melihat kondisi kesehatan atas permintaan banyak pihak. Sudah, selesai, dari situ saya keluar meninggalkan rumah itu," ucapnya.

Lukas Enembe kini berstatus tersangka kasus dugaan korupsi. Namun, KPK belum menjelaskan detail konstruksi perkara yang menjerat Lukas Enembe.

Lukas Enembe juga telah dua kali dipanggil untuk diperiksa sebagai tersangka. Namun, Lukas absen dengan alasan sakit.

Simak Video 'AHY Duga Penetapan Tersangka Lukas Enembe Ada Muatan Politik':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT