Pasukan Oranye Bersihkan Sampah Sisa Kebakaran Cikini

ADVERTISEMENT

Pasukan Oranye Bersihkan Sampah Sisa Kebakaran Cikini

Brigitta Belia Permata Sari - detikNews
Kamis, 29 Sep 2022 11:19 WIB
Pasukan oranye bantu bersihkan sampah sisa kebakaran di Cikini
'Pasukan Oranye' bantu bersihkan sampah sisa kebakaran di Cikini (Foto: Brigitta Belia/detikcom)
Jakarta -

Kebakaran di Jalan Cikini Kramat, Menteng, Jakarta Pusat (Jakpus) menghanguskan 30 rumah semipermanen. Kelurahan Pegangsaan, Jakpus mengerahkan sebanyak 35 anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) untuk membersihkan sampah sisa kebakaran.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (29/9/2022) pukul 09.10 WIB, para petugas kebersihan gabungan atau yang biasa dikenal dengan 'Pasukan Oranye' di bantu warga menyebar ke rumah-rumah korban kebakaran. Mereka mengumpulkan puing-puing gosong dan sampah abu ke dalam karung.

Beberapa warga juga masih ada yang menggali sisa-sisa kebakaran. Mereka masih berharap ada barang yang masih bisa terselamatkan.

Petugas dan warga menggunakan alat serok, sapu, dan alat bantu lain untuk membersihkan sampah. Sampah-sampah yang ditemukan yaitu kayu-kayu bekas, besi, dan alat-alat rumah tangga yang hangus terbakar.

Sebelumnya kebakaran di kawasan permukiman padat penduduk di Jalan Cikini Kramat, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (27/9) menghanguskan 30 rumah semipermanen. Kobaran api kebakaran itu diduga berawal dari gas bocor salah satu kios tukang bubur.

Sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 85 personel damkar dikerahkan ke lokasi. Total luas lokasi rumah-rumah warga yang terbakar, yaitu 2.000 meter persegi.

Kerugian materiil akibat kebakaran ini ditaksir mencapai Rp 2,5 miliar. Sebanyak 75 keluarga atau 500 orang dilaporkan menjadi korban kebakaran di permukiman padat penduduk di Cikini itu.

Simak juga '54 Kios Pasar Banjarsari Hangus Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 3 M':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT