Hari Rabies Sedunia 2022: Tema dan Sejarah Peringatannya

ADVERTISEMENT

Hari Rabies Sedunia 2022: Tema dan Sejarah Peringatannya

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 14:11 WIB
Hari Rabies Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 28 September. Tujuannya adalah kampanye untuk memerangi rabies sehingga dunia terbebas dari penyakit tersebut.
Ilustrasi memeluk anjing (Foto: Getty Images/iStockphoto/g-stockstudio)
Jakarta -

Hari Rabies Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 28 September. Tujuan peringatan ini adalah kampanye untuk memerangi rabies sehingga dunia terbebas dari bahaya penyakit tersebut.

Lalu, bagaimana sejarah lahirnya peringatan Hari Rabies Sedunia? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tema Hari Rabies Sedunia 2022

Dilansir situs Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), tema peringatan Hari Rabies Sedunia 2022 adalah "Rabies: One Health, Zero Deaths" atau "Rabies: Satu Kesehatan, Nol Kematian". Tema ini menyoroti hubungan lingkungan antara manusia dengan hewan.

Hari Rabies Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 28 September. Tujuannya adalah kampanye untuk memerangi rabies sehingga dunia terbebas dari penyakit tersebut.Hari Rabies Sedunia 2022 diperingati pada tanggal 28 September. Tema Hari Rabies Sedunia 2022 adalah "Rabies: One Health, Zero Deaths" atau "Rabies: Satu Kesehatan, Nol Kematian". (Foto: WHO)

Makna Tema Hari Rabies Sedunia 2022

Slogan 'Satu Kesehatan, Nol Kematian' ditunjukkan lewat program pengendalian kesehatan lewat vaksin rabies bagi manusia dan hewan. Selain itu, tema Hari Rabies Sedunia 2022 diharapkan dapat membantu rencana WHO untuk penghapusan kematian akibat rabies pada manusia yang disebabkan oleh anjing pada tahun 2030.

Apa Itu Penyakit Rabies?

Mengutip dari situs Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, penyakit rabies adalah penyakit yang disebabkan oleh virus rabies dan menyerang semua hewan menyusui atau hewan berdarah panas seperti sapi, kerbau, kambing, kuda, monyet, kera, babi, anjing, kucing, dan sebangsanya.

Virus rabies masuk ke dalam tubuh hewan melalui luka terbuka, di mana kebanyakan luka akibat gigitan hewan lain yang tertular rabies. Ketika hewan rabies menggigit hewan lain, air liurnya bersama virus rabies masuk melalui luka gigitan tersebut ke tubuh hewan yang digigit.

Penyakit rabies ini bersifat zoonosis yang bersifat menular juga kepada manusia. Seperti pada hewan, manusia tertular virus rabies juga melalui gigitan hewan. Hewan yang sering menularkan virus rabies kepada manusia adalah anjing, kucing, dan kera sehingga hewan-hewan tersebut mendapat nama Hewan Penular Rabies (HPR).

Sejarah Peringatan Hari Rabies Sedunia

Hari Rabies Sedunia pada 28 September juga memperingati kematian Louis Pasteur, ahli kimia dan mikrobiologi Prancis yang mengembangkan vaksin rabies pertama. Vaksin hewan dan manusia menjadi faktor penting untuk menghilangkan kematian manusia akibat rabies.

Vaksin tersebut diaplikasikan pada manusia tahun 1885 dan berhasil mencegah kematian orang-orang yang digigit anjing gila. Timbulnya penyakit rabies ini menarik perhatian banyak negara-negara di dunia, sehingga lahirlah organisasi Alliance for Rabies (ARC) pada tahun 2006 untuk memberantas penyakit rabies.

Pada tahun 2007, Alliance for Rabies (ARC) dan Control Diseases Centre (CDC) menjadikan 28 September sebagai peringatan Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day (WRD). Kegiatan ini dikoordinir oleh sebuah organisasi nonprofit bernama Aliansi Global untuk Pengendalian Rabies/The Global Alliance for Rabies Control (GARC) dan didukung oleh tiga organisasi lain, yakni:

  • Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organozation (WHO)
  • Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan/Office International des Epizooties (OIE)
  • Organisasi Pangan dan Pertanian/Food and Agriculture Organization (FAO).

Demikian serba-serbi Hari Rabies Sedunia 2022. Semoga bermanfaat!

Simak juga video 'Cegah Penyebaran Rabies, Puluhan Anjing di Jembrana Disterilisasi':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT