Profil Febri Diansyah, Eks Jubir KPK yang Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo

ADVERTISEMENT

Profil Febri Diansyah, Eks Jubir KPK yang Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo

Indra Komara - detikNews
Rabu, 28 Sep 2022 11:52 WIB
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah melepas jabatan juru bicara KPK.
Foto: Kabiro Humas KPK Febri Diansyah melepas jabatan juru bicara KPK. (Ibnu-detikcom)
Jakarta -

Febri Diansyah menjadi pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Febri Diansyah sebelumnya pernah menjadi juru bicara KPK. Ini profil lengkap Febri Diansyah.

Profil Febri Diansyah dan Kiprah di KPK

Febri Diansyah adalah Kabiro Humas sekaligus jubir KPK pada tahun 2016. Namun Febri Diansyah mundur dari KPK per September 2020.

Berikut posisi yang pernah dipegang Febri Diansyah saat di KPK:

  • Pegawai fungsional Direktorat Gratifikasi KPK
  • Kabiro Humas KPK
  • Juru Bicara KPK

Sebelum berkarir di KPK, Febri Diansyah adalah aktivis antikorupsi di Indonesia Corruption Watch (ICW). Di ICW, Febri masuk tim dalam program monitoring hukum dan peradilan. Setelah mengisi jabatan Kabiro Humas sekaligus jubir KPK pada tahun 2016 nama kian dikenal publik.

Febri Diansyah Mundur dari KPK Tahun 2020

Febri mengajukan pengunduran diri dari KPK sejak 18 September 2020. Alasan Febri Diansyah mundur dari KPK karena kondisi politik dan hukum yang menurutnya telah berubah.

Febri mengatakan awal menjadi pegawai KPK atas kesadaran tentang pentingnya upaya pemberantasan korupsi.

"Bagi Saya, selama menjadi Pegawai KPK bukan hanya soal status atau posisi jabatan namun lebih dari itu, ini adalah bagian dari ikhtiar yang utama untuk berkontribusi dalam pemberantasan korupsi," demikian bunyi surat pengunduran diri Febri tersebut seperti dikutip pada Kamis (24/9/2020).

KPK, menurut Febri, merupakan contoh sekaligus harapan bagi banyak pihak. Terutama untuk bekerja dengan baik. Independensi, bagi Febri sebuah keniscayan.

Setelah tiga tahun di KPK, Febri mengundurkan diri. Dia merasa ada perubahan kondisi politik dan hukum di KPK sejak 11 bulan terakhir sebelum dia mundur September 2020.

"Setelah menjalani situasi baru tersebut selama sekitar sebelas bulan, saya memutuskan jalan ini, memilih untuk mengajukan pengunduran diri dari institusi yang sangat saya cintai, KPK," ungkapnya.

Febri Diansyah Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo

Febri Diansyah sekarang di mana? Febri Diansyah kini adalah tim pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Putri Candrawathi adalah tersangka kasus dugaan pembunuhan Brigadir Yosua.

Selain Febri, tim kuasa hukum Ferdy Sambo yakni Arman Hanis, Sarmauli Simangunsong, dan Rasamala Aritonang.

Tim kuasa hukum Febry Sambo dan Putri Candrawathi akan menggelar jumpa pers sore ini. Sejumlah hal yang disampaikan mengenai pelimpahan perkara kasus pembunuhan Brigadir Nopriansyah Yosua Hutabarat.

Putri Candrawathi sempat memakaikan masker untuk suaminya Ferdy Sambo saat keluar rumah usai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J. Begini momennya.Putri Candrawathi sempat memakaikan masker untuk suaminya Ferdy Sambo saat keluar rumah usai rekonstruksi pembunuhan Brigadir J. Begini momennya. Foto: Rifkianto Nugroho

Alasan Febri Diansyah Jadi Pengacara Istri Ferdy Sambo

Febri secara spesifik tidak menjelaskan sejak kapan dia diminta sebagai pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi. Namun dia mengatakan akan melakukan pendampingan hukum secara objektif.

"Setelah saya pelajari perkaranya dan bertemu dengan Bu Putri, saya sampaikan bahwa kalaupun saya menjadi kuasa hukum, saya akan dampingi secara objektif," kata Febri kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

"Jadi, sebagai advokat saya akan dampingi perkara Bu Putri secara objektif dan faktual," ucapnya.

Demikian profil Febri Diansyah, mantan juru bicara KPK yang kini menjadi pengacara istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi.

Simak juga 'Penyidik Masih Fokus Evaluasi Kesehatan Putri Candrawathi':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT