Diduga Dibuang, Bayi Perempuan Ditemukan di Bawah Tebing Kota Bogor

ADVERTISEMENT

Diduga Dibuang, Bayi Perempuan Ditemukan di Bawah Tebing Kota Bogor

Muchamad Sholihin - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 23:09 WIB
Tebing lokasi ditemukannya bayi di Cibogor, Kota Bogor.
Tebing lokasi penemuan bayi di Cibogor, Kota Bogor (Dok. Istimewa)
Bogor -

Warga di Kelurahan Cibogor, Kota Bogor, dihebohkan oleh penemuan bayi perempuan di bawah tebing setinggi 3 meter yang diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya. Saat ditemukan, bayi berkulit putih itu tidak dibalut pakaian dan hanya beralaskan kain sarung.

"Temuannya tadi siang, sekitar jam 13.00 WIB. Jenis kelaminnya perempuan. Ditemuinnya itu di bawah tebingan gitu, disebutnya gawir kalau istilah bahasa Sundanya. Bayinya masih hidup, kayaknya sengaja ditinggalin di situ sama orang tuanya, jahat banget ya," kata Ketua RT 01 RW 04, Kelurahan Cibogor, Kota Bogor, Siti Irawati, kepada detikcom, Selasa (27/9/2022).

Irawati menceritakan, bayi yang diduga baru dilahirkan itu ditemukan warga setelah curiga mendengar suara tangis bayi dari bawah tebing. Saat ditemukan, bayi yang masih lengkap dengan ari-arinya sudah tergeletak beralaskan kain sarung dan tidak memakai pakaian.

"Kayanya bayinya memang baru lahir itu, masih ada ari-arinya. Pas ditemuin itu bayinya nggak ada pakaian, telanjang gitu aja, cuma ada kain sarung. Tega banget orang tuanya, saya nggak kebayang, untung ditemuin warga, coba kalau telat mungkin kehujanan atau ada binatang," ucap Irawati.

Irawati yang datang bersama suaminya langsung membawa bayi tersebut ke bidan terdekat untuk dicek kesehatannya. Pihak kepolisian juga datang ke lokasi untuk melakukan pendataan.

"Bayi alhamdulillah sehat, sudah dicek sama bu bidan. Badannya putih banget, mulus banget. Nggak, nggak ada tanda khusus, bayinya mulus, cantik," kata Irawati.

"Tadi ada polisi juga sudah datang ke lokasi, ke bidan juga datang, sudah pendataan," tambahnya.

Saat ini, bayi yang diduga sengaja dibuang oleh orang tuanya tersebut dirawat oleh pihak Ketua RW sekitar lokasi penemuan bayi. Irawati berharap pelaku pembuangan atau orang tua bayi dapat segera terungkap dan mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Mudah-mudahan pelaku yang buang cepat tertangkap, orang tuanya juga mudah-mudahan ketahuan siapa, biar bertanggung jawab atas perbuatannya, tega banget bisa-bisanya dia tinggalin bayi begitu," kata Irawati.

(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT