Mulan Jameela Bersyukur Program Kompor Listrik Dibatalkan

ADVERTISEMENT

Mulan Jameela Bersyukur Program Kompor Listrik Dibatalkan

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 20:58 WIB
Mulan Jameela Pamer Momen Makan Bakso hingga Kulineran Bareng Keluarga
Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela (Foto: Instagram mulanjameela1)
Jakarta -

PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik. Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi Gerindra Mulan Jameela bersyukur program itu dibatalkan.

"Hal ini sudah sesuai dengan kesimpulan pada Rapat Komisi VII DPR RI dengan Dirut PLN beberapa waktu lalu," ujar Mulan Jameela kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Mulan berharap keputusan tersebut dapat meredakan gejolak di masyarakat. Menurutnya, warga kurang mampu malah khawatir program kompor listrik menambah mahal pembayaran rekening listrik.

"Insyaallah semoga hal ini bisa meredakan gejolak kekhawatiran masyarakat terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. Karena program ini juga berkenaan dengan mereka, masyarakat yang kurang mampu, penerima subsidi energi," tuturnya.

Dia juga meminta pemerintah membuat kebijakan yang sesuai dengan kondisi ekonomi warga. Dia mengatakan kebijakan pemerintah jangan sampai menjadi beban bagi warga.

"Saya juga berharap dalam situasi pemulihan ekonomi yang tidak mudah ini, pemerintah bisa memberikan kebijakan yang melindungi dan meringankan beban masyarakat secara umum," ujar Mulan.

"Sudah pasti saya sebagai salah satu dari anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra yang sekarang sedang diberikan amanah di Komisi VII sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas pernyataan pemerintah yang diwakili oleh Bapak Dirut PLN Bapak Darmo," sambungnya.

Mulan Jameela sebelumnya memang meminta konversi kompor LPG dengan kompor induksi dikaji lebih dalam oleh pemerintah. Sebab, menurut Mulan, kompor induksi belum tentu cocok digunakan di Indonesia.

Menurut pengalamannya, kompor listrik tak cocok digunakan untuk memasak masakan lokal Indonesia. Mulan mengaku di rumahnya sudah punya kompor listrik tapi masih juga menggunakan kompor gas.

"Ini saya jujur ya, kapasitas saya sebagai anggota dewan dan sebagai emak-emak. Kami di rumah aja punya kompor listrik tetap tak bisa lepas dari yang gas, karena masakan Indonesia ya beda bukan masakan orang bule yang pancinya ya seukuran gitu aja," ungkap Mulan dalam rapat kerja Komisi VII dengan Ditjen ILMATE Kemenperin, Rabu (21/9).

Dia meminta program konversi kompor listrik tidak buru-buru dilakukan. Jangan sampai program yang niatnya baik untuk menekan impor LPG malah menimbulkan masalah baru.

PLN Batalkan Program Kompor Listrik

Terbaru, PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik. Langkah ini dilakukan demi menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19.

"PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal," ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dalam keterangan tertulis, Selasa (27/9).

PLN juga memastikan tarif listrik tidak naik. Penetapan tarif listrik ini telah diputuskan Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Tidak ada kenaikan tarif listrik. Ini untuk menjaga peningkatan daya beli masyarakat dan menjaga stabilitas ekonomi," ucap Darmawan.

Simak juga Video: Konversi LPG 3 Kg ke Kompor Induksi: Dikritik Mulan Jameela-Ditunda Pemerintah

[Gambas:Video 20detik]

(dwia/haf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT