MKD DPR Tepis Pergantian Aboe Bakar karena Heboh Suara 'Sayang' di Rapat

ADVERTISEMENT

MKD DPR Tepis Pergantian Aboe Bakar karena Heboh Suara 'Sayang' di Rapat

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 17:12 WIB
Anggota DPR komisi III Aboe Bakar Al habsy saat menjadi pembicara diskusi publik yang diselenggarakan oleh Komite Aksi Mahasiswa Pemuda untuk Reformasi dan Demokrasi (KAMERAD) dengan tema
Aboe Bakar Alhabsyi (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Posisi Aboe Bakar Alhabsyi sebagai Ketua MKD DPR diganti oleh Adang Daradjatun. Apakah pergantian itu terkait dengan suara 'sayang' yang muncul dari telepon seluler Aboe Bakar saat rapat Komisi III DPR?

Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman menepis hal itu. Dia mengatakan pergantian itu tidak ada hubungannya dengan suara 'sayang'.

"Nggak ada hubungannya," kata Habiburokhman ketika dikonfirmasi, Selasa (27/9/2022).

Aboe Bakar Sebut Pergantiannya Rotasi Biasa

Aboe Bakar mengatakan kini PKS mengusulkan agar dirinya digantikan oleh Adang Daradjatun. Dia menegaskan pergantian rotasi biasa.

"PKS telah mengusulkan pergantian saya sendiri sebagai Ketua MKD diberikan kepada Jenderal Adang. Pada dasarnya pergantian di PKS itu biasa karena perputaran dan pembagian tugas," ucapnya.

Aboe Bakar menilai sosok penggantinya merupakan orang yang tepat. Aboe menyebut sosok Adang yang merupakan mantan Wakapolri periode 2004-2006 lebih memahami terkait penyelidikan dan penyidikan.

"Yang menggantikan saya ini orang yang sangat berkelas. Yang sangat memahami cara menghadapi penyidikan dan penyelidikan," ujarnya.

"Akhirnya dari saya sepanjang perjalanan tugas, wabil khusus saya minta maaf kalau ada kekurangan dalam dukungan emosional atau perhatian, apalagi pada staf-staf. Saya minta maaf atas kekhilafan," lanjut Aboe.

Heboh Suara Sayang

Suara 'sayang' itu muncul saat rapat kerja antara Komisi III DPR dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Aboe Bakar mengakui suara tersebut berasal dari telepon keluarganya.

Hal itu lantas membuat Aboe Bakar dilaporkan sejumlah pihak ke MKD. Merespons hal itu, Aboe Bakar menyebut tidak ada persoalan etik dari insiden suara tersebut.

"Pertama, satu hal yang perlu diperhatikan, tidak ada masalah etik di situ, sama sekali," kata Aboe saat ditemui detikcom seusai acara Total Politik di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (26/8).

Kemudian, Aboe Bakar mengakui menerima telepon di tengah rapat bareng Kapolri yang membahas soal kasus Irjen Ferdy Sambo itu. Kemudian, kata dia, mendadak muncul suara 'sayang'. Dia menyebut telepon yang masuk itu dari keluarganya

"Cuma terima telepon bunyi 'sayang' dan itu dari keluarga saya," ujarnya.

Simak video 'Adang Daradjatun Jadi Ketua MKD DPR Menggantikan Aboe Bakar':

[Gambas:Video 20detik]



(eva/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT