Perwakilan Massa Petani Diterima Temui Pimpinan MPR Sampaikan Tuntutan

ADVERTISEMENT

Perwakilan Massa Petani Diterima Temui Pimpinan MPR Sampaikan Tuntutan

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 16:30 WIB
Sejumlah massa petani yang menggelar demo di depan gedung DPR/MPR RI, Jakarta, menemui pimpinan MPR
Foto: Rizky/detikcom
Jakarta -

Perwakilan massa petani yang menggelar demo di depan gedung MPR/DPR RI, Jakarta, menemui pimpinan MPR. Mereka diterima untuk menyampaikan tuntutan demo hari ini.

"Yang diterima 200 (orang). Kita memang mintanya 200, kita nggak mau kayak audiensi kecil saja. Iya (sampaikan tuntutan), sembilan tuntutan itu," kata Sekjen Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Massa petani hendak bertemu pimpinan MPR untuk membahas Tap MPR Nomor 9 Tahun 2001. Termasuk menyelesaikan berbagai permasalahan agraria yang dinilai masih terjadi di Indonesia.

"Karena MPR lupa ada Tap MPR Nomor 9 Tahun 2001 tentang Pembaruan Agraria dan Pengelolaan SDA. Bagaimana merestrukturisasi penguasaan tanah yang timpang, menyelesaikan konflik, melakukan harmonisasi regulasi yang tumpang tindih terkait tanah dan agraria," ungkapnya.

Pantauan di lokasi, para petani masuk secara bergantian. Mereka diperiksa petugas penjaga sebelum memasuki kawasan kompleks MPR/DPR RI.

Diketahui, demonstrasi digelar di depan gedung MPR/DPR RI hari ini. Sebanyak 4.400 personel gabungan mengamankan jalannya demo.

"Untuk wilayah Jakarta Pusat ada 4.400 personel kita siapkan gabungan TNI-Polri," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada wartawan, saat ditanyai perihal pengamanan demonstrasi hari ini.

Komarudin mengatakan demo terkait BBM ini akan terpusat di depan gedung DPR hari ini. Massa dari elemen Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dan BEM SI direncanakan menggelar demo di DPR.

Lihat juga video 'Perwakilan Demo Temui Kasetpres, Ini Tuntutan yang Disampaikan':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT