Paripurna Tetapkan Badan Pangan Nasional Jadi Mitra Komisi IV DPR

ADVERTISEMENT

Paripurna Tetapkan Badan Pangan Nasional Jadi Mitra Komisi IV DPR

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 27 Sep 2022 12:57 WIB
DPR Gelar Paripurna Pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi
Ilustrasi Paripurna DPR (Foto: Nahda Rizki Utami/detikcom)
Jakarta -

DPR RI menggelar rapat paripurna ke-6 masa persidangan I tahun 2022-2023 hari ini. Agenda rapat paripurna ini menetapkan Badan Pangan Nasional menjadi mitra kerja baru dari Komisi IV DPR yang membidangi lingkup tugas pertanian.

Rapat digelar ruang rapat paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022). Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad. Tampak hadir Ketua DPR Puan Maharani, Wakil Ketua DPR Lodewijk Freidrich Paulus dan Rachmat Gobel.

Dasco mengatakan keputusan rapat konsultasi antara pimpinan DPR dan fraksi, Senin (26/9), memutuskan Badan Pangan Nasional menjadi mitra kerja Komisi IV DPR. Selanjutnya, Dasco menanyakan persetujuan terkait hasil rapat itu kepada para anggota Dewan di paripurna.

"Sesuai dengan keputusan rapat konsultasi antara pimpinan DPR dan fraksi tanggal 26 September, memutuskan Badan Pangan Nasional menjadi mitra kerja Komisi IV DPR RI. Kami akan menanyakan kepada sidang Dewan yang terhormat, apakah penetapan Badan Pangan Nasional menjadi mitra kerja Komisi IV dapat disetujui?" tanya Dasco kepada para peserta sidang.

"Setuju," jawab peserta rapat yang disambut ketukan palu pengesahan oleh Dasco.

Diwawancara terpisah, Ketua Komisi IV DPR Sudin mengatakan penetapan Badan Pangan Nasional sebagai mitra kerja komisinya sempat menuai polemik dengan Komisi VI. Sebagai informasi, Komisi VI membidangi perdagangan dan BUMN.

"Badan Pangan Nasional kan nanti langsung di bawah Presiden. Ini kan sempat terjadi antara Komisi IV dan Komisi VI juga menginginkan menjadi mitranya. Terjadi semacam polemik apakah mau di Komisi IV atau di VI," kata Sudin kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Namun, berdasarkan kajian Badan Keahlian DPR, Badan Pangan Nasional ditetapkan menjadi mitra Komisi IV. Hal ini berkaitan dengan salah satu direktorat di Kementerian Pertanian, yang menjadi mitra Komisi IV, sudah dipindahkan ke Badan Pangan Nasional.

"Tapi setelah ada kajian dari staf ahlinya DPR itu lebih cenderung ke Komisi IV karena apa, yang pertama, Badan Ketahanan Pangan di Kementerian Pertanian kan dihapuskan. Jadi masuknya ke Badan Pangan Nasional," ujarnya.

Simak juga 'Jadi Kepala Badan Pangan Nasional, Ini yang Akan Dilakukan Arief Prasetyo':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/yld)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT