Kepala BIN Ogah Bicara soal Bjorka dan Kebocoran Data Internal

ADVERTISEMENT

Kepala BIN Ogah Bicara soal Bjorka dan Kebocoran Data Internal

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 22:12 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan di DPR. (Firda/detikcom)
Kepala BIN Budi Gunawan di DPR (Firda/detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan ogah bicara soal aksi hacker Bjorka dan kebocoran data di internal yang terjadi belakangan. BIN disebut tak merespons saat ditanya kalangan anggota Komisi I DPR dalam rapat kerja hari ini.

Pantauan detikcom di ruang rapat Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9/2022), Budi hadir sekitar pukul 14.00 WIB. Rapat itu digelar secara tertutup hingga pukul 16.15 WIB.

Ihwal keengganan Kepala BIN bicara Bjorka dan kebocoran data internal itu disampaikan oleh anggota Komisi I DPR Fraksi Golkar Nurul Arifin. Menurut Nurul, anggota Komisi I sempat bertanya kepada Budi soal dugaan kebocoran data di internal BIN tetapi tak direspons.

"Kami utarakan (soal kebocoran data BIN), tapi tadi tidak direspons sih. Lebih menjawab secara global saja kebocoran datanya," kata Nurul kepada wartawan usai rapat Komisi I DPR bersama BIN di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/9).

Namun, menurut Nurul, Budi menjelaskan pihaknya melakukan penelusuran terkait problem kebocoran data tersebut. Nurul mengatakan 'pemainnya' berasal dari dalam negeri dan luar negeri.

"Disinggung tadi (soal upaya penelusuran oleh BIN). Cukup jelas, sih, mereka melakukan identifikasi siapa yang tahu juga, ketahuan juga, ada pemain di tingkat lokal ya, maksudnya di Indonesia dan pemain-pemain dari dunia global juga banyak. Khususnya masuk peretasan ke institusi pemerintahan. Jadi mereka mainnya juga profesional," ucap Waketum Golkar itu.

Soal Bjorka, Budi pun tak mau berkomentar. Budi tak menjawab pertanyaan soal perkembangan tindak lanjut terhadap aksi hacker Bjorka yang kerap membongkar data pribada para pejabat publik.

Budi hanya diam seraya berjalan meninggalkan ruang rapat Komisi I DPR saat diberondong pertanyaan wartawan soal Bjorka.

Budi menyampaikan rapat bersama Komisi I DPR secara tertutup itu membahas rancangan kerja dan anggaran (RKA) dan sejumlah isu aktual. Antara lain masalah keamanan siber dan pengamanan data menjelang Pemilu 2024.

"Masalah anggaran RKA KL tahun 2023. (Isu krusial) masalah keamanan siber, sistem keamanan siber persiapan untuk keamanan Pemilu 2024," kata Budi kepada wartawan seusai rapat.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT