Ketua KY Sambangi KPK, Koordinasi Kasus Suap Hakim Agung Sudrajad Dimyati

ADVERTISEMENT

Ketua KY Sambangi KPK, Koordinasi Kasus Suap Hakim Agung Sudrajad Dimyati

M Hanafi Aryan - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 16:21 WIB
Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata
Ketua Komisi Yudisial Mukti Fajar Nur Dewata (Hanafi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Komisi Yudisial (KY) Mukti Fajar Nur Dewata mendatangi gedung Merah Putih KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, sore ini. Dia mengaku kedatangannya ke KPK untuk melakukan koordinasi terkait teknis pemeriksaan hakim agung pada Mahkamah Agung (MA) Sudrajad Dimyati, tersangka dugaan suap pengurusan perkara.

Pantauan detikcom, Mukti Fajar tiba di lokasi pada pukul 15.47 WIB. Dia tiba di KPK didampingi juru bicara KY, Miko Ginting.

Mukti menjelaskan kedatangannya ini merupakan tindak lanjut dari hasil konferensi pers yang dilakukan oleh KY pada Jumat (24/9). Dia bakal berkoordinasi dengan KPK terkait pemeriksaan Sudrajad oleh KY.

"Seperti yang sudah kita konferensi pers-kan kemarin, bahwa kita akan melakukan koordinasi dengan KPK untuk hal teknis pemeriksaan tersangka yang kebetulan hakim," kata Mukti Fajar di lobi gedung Merah Putih KPK, Senin (26/9/2022).

Sebelumnya diberitakan, KY menyatakan bakal melakukan pemeriksaan terhadap Hakim Agung Sudrajad Dimyati, yang telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap. Pemeriksaan itu juga dilakukan terhadap pihak lain yang menjadi tersangka.

"Komisi Yudisial akan melakukan pemeriksaan terhadap hakim dan pihak-pihak yang terlibat dalam perkara ini sesuai tugas dan kewenangan Komisi Yudisial," kata Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata dalam konferensi pers di gedung KY, Jakarta Pusat, Jumat (23/9).

Dia mengatakan kasus ini menjadi perhatian bagi KY. Menurutnya, ada dugaan pencederaan terhadap keluhuran dan martabat hakim.

"Komisi Yudisial menaruh perhatian penuh pada kasus ini karena menyangkut dugaan pencederaan terhadap kehormatan dan keluhuran martabat hakim," ucapnya.

Dia mengatakan KY terbuka dan terus berkoordinasi dengan Mahkamah Agung serta KPK terkait kasus ini. Dia menyatakan KY mendukung penuh penegakan hukum oleh KPK.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT