Momen Anies Jadi Sopir, Antar Emak-emak Naik MikroTrans

ADVERTISEMENT

Momen Anies Jadi Sopir, Antar Emak-emak Naik MikroTrans

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Senin, 26 Sep 2022 14:39 WIB
Anies jadi sopir MikroTrans antar emak-emak
Foto: Anies jadi sopir MikroTrans antar emak-emak (dok. screenshot)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjajal menjadi sopir angkot MikroTrans JAK26 rute Terminal Rawamangun-Duren Sawit. Anies menyetir angkot sambil didampingi oleh seorang sopir angkot JakLingko bernama Sihombing.

Momen itu dibagikan Anies melalui YouTube pribadinya. Dilihat detikcom Senin (26/9/2022), angkot itu dilengkapi oleh berbagai fasilitas, mulai CCTV, AC, hingga televisi. Penumpang yang diantar pun beragam, mulai mahasiswa hingga emak-emak yang mau pergi ke pasar.

Anies terlihat memakai seragam dinas putih dan rompi biru dongker. Dia juga tampak berdialog dengan para penumpang.

"Ibu mau ke mana?" tanya Anies dalam unggahan video yang dilihat, Senin (26/9/2022).

"Mau ke Pasar Klender, Pak, mau belanja," jawab emak-emak itu kepada Anies.

"Kalau ke pasar pakai angkot?" tanya Anies lagi.

"Iya, pakai JakLingko26," jawab emak-emak.

Kendati begitu, Anies tidak mengantarkan emak-emak itu sampai ke Pasar Klender, yang merupakan tujuannya. Sebab, dia harus pergi menuju agenda lainnya, yaitu peresmian Pasar Cipinang Kebembem. Jadi Anies hanya mengendarai MikroTrans dengan rute Terminal Rawamangun-Pasar Cipinang Kebembem.

Anies mengaku mendapat sejumlah keluhan dari masyarakat, di antaranya kendala saat men-tap kartu serta kurangnya armada angkot, khususnya di jam kerja.

"Kita merasakan bahwa kebijakan ini sudah sesuai untuk tipologi Kota Jakarta, di mana banyak jalan sempit dan permukiman padat. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa masalah, seperti sinyal mesin tap kartu sempat blank, yang tentunya menjadi bahan evaluasi bagi kami untuk meningkatkan pelayanan," ujar Anies.

Anies menuturkan, layanan MikroTrans AC ini melayani rute JAK10A Gondangdia-Cikini dan akan terus bertambah jumlahnya secara bertahap.

(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT