PAN: Perlu Tindakan Terstruktur Agar Prostitusi di Jakut Hilang

ADVERTISEMENT

PAN: Perlu Tindakan Terstruktur Agar Prostitusi di Jakut Hilang

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 25 Sep 2022 09:09 WIB
Sekretaris Fraksin PAN DKI Jakarta, Oman Rohman Rikanda
Foto: Oman Rohman Rikanda (dok. Pribadi)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut akan menggusur prostitusi di Jakarta termasuk dekat Hutan Kota Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara. Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta menyebut penghapusan lokasi prostitusi tidaklah mudah.

"Kita memahami aspirasi untuk penutupan prostitusi itu, kita dukung. Pasti ada dampak negatif, khususnya kepada lingkungan terdekat," kata Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI, Oman Rohman Rakinda, saat dihubungi, Sabtu (24/9/2022).

Oman menyebut, ada kemungkinan lokasi prostitusi akan kembali usai penertiban dilakukan. Maka, tindakan yang dilakukan pun bukanlah yang biasa.

"Harus ada tindakan terstruktur dari Pemprov, termasuk melibatkan RW dan masyarakat sekitar," katanya.

Wagub Bakal Tutup Prostitusi

Ketua RW 010 Semper Timur Ahmad Syarifudin meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menutup kompleks prostitusi di dekat hutan kota Rawa Malang, Cilincing, Jakarta Utara (Jakut). Ahmad mengaitkannya dengan kasus pemerkosaan terhadap anak perempuan 13 tahun di hutan kota.

"Maksud saya itu, seharusnya benar-benar plek ditutup. Tanpa ada kecuali, apalagi dalam keadaan seperti ini (ada anak yang mendapat kekerasan seksual di hutan kota Rawa Malang)," kata Syarifudin seperti dilansir dari Antara, Kamis (22/9).

Ahmad Riza Patria memastikan kompleks prostitusi itu bakal ditutup.

"Pasti, pasti. Silakan semua masyarakat, warga, teman-teman wartawan media semua, sampaikan kepada kami apabila mengetahui ada tempat-tempat prostitusi di Jakarta, akan kami tutup. Semua," kata Riza.

Dia berbicara kepada wartawan di sela Musyawarah Nasional Komite Seni Budaya di Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022).

Prostitusi tidak diperkenankan diselenggarakan di masyarakat Jakarta dan Indonesia pada umumnya. Terlebih lagi, khusus untuk konteks kasus sekitar hutan kota di Cilincing, Jakarta Utara, anak-anak butuh lingkungan yang sehat untuk tumbuh dewasa.

"Kita pasti segera tutup (kompleks prostitusi). Nanti Satpol PP dan jajaran terkait (menangani)," kata Riza.

(aik/dwia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT