Firdaus Oiwobo Dipolisikan gegara Konten 'Tak Percaya Dukun Batal Syahadat'

ADVERTISEMENT

Firdaus Oiwobo Dipolisikan gegara Konten 'Tak Percaya Dukun Batal Syahadat'

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 24 Sep 2022 09:26 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detik)
Jakarta -

Pengacara M Firdaus Oiwobo dilaporkan mahasiswa ke Polda Metro Jaya. Firdaus Oiwobo dipolisikan karena pernyataannya soal 'Yang tak percaya dukun batal syahadatnya' yang meresahkan.

Fridaus doilaporkan oleh Achmad Syaiful Anam, seorang mahasiswa. Laporan tersebut teregister Nomor:P/B/4876/IX/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 23 September 2022.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan membenarkan pihaknya telah menerima laporan terhadap Firdaus Oiwobo ini pada Jumat (23/9) malam.

"Pada tanggal 20 September 2022 pelapor telah melihat video terlapor yang diunggah di media sosial dengan menggunakan akun instagram @m.firdausoiwobo_sh," kata Zulpan melalui keterangan tertulis, Sabtu (24/9/2022).

Zulpan mengungkapkan isi unggahan video dalam akun tersebut. Dia menyampaikan unggahan dalam video tersebut menyinggung masalah syahadat. Menurut pelapor, kata Zulpan, pernyataan tersebut tidak sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Nahdlatul Ulama (NU).

"Dalam video tersebut mengeluarkan pernyataan yang intinya sebagai berikut: 'Umat Ilsam yang tidak percaya dukun batal syahadatnya'. Menurut pelapor, pernyataan terlapor tersebut tidak benar karena bertentangan dengan fatwa MUI dan NU yang menyebutkan bahwa umat Islam haram hukumnya percaya pada dukun," imbuhnya.

Dalam laporannya itu, Achmad Syaiful melaporkan Firdaus Oiwobo atas dugaan pelanggaran Pasal 28 Ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU RI Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Iformasi dan Transaksi Elektronik.

Berikut bunyi Pasal 28:

Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

detikcom telah menghubungi Firdaus Oiwobo untuk meminta tanggapan terkait laporannya itu. Namun, hingga berita ini diturunkan, belum ada jawaban dari Firdaus Oiwobo.

Simak juga 'Aksi Fans One Piece, Bagi-bagi Nasi Gratis':

[Gambas:Video 20detik]



(dek/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT