ADVERTISEMENT

Anies Bawakan Puisi WS Rendra: Wakil Rakyat Bukanlah Abdi Kekuasaan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 19:53 WIB
Anies bacakan puisi karya Ws Rendra
Anies bacakan puisi karya Ws Rendra (Tiara/detik)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyaksikan Pagelaran Perdana Graha Bhakti Budaya di Taman Ismail Marzuki. Dalam kesempatan itu, Anies turut membacakan sebuah puisi karya penyair WS Rendra.

Pantauan detikcom di lokasi pada Jumat (23/9/2022), Anies tiba di Taman Ismail Marzuki bersama istrinya, Fery Farhati. Anies yang memakai baju batik berwarna cokelat didampingi oleh jajaran Pemprov DKI beserta direksi Jakarta Propertindo dan direksi Jakarta Tourisindo.

Anies awalnya menyaksikan pementasan teater bertajuk 'Legenda Burung Api dari Cikini'. Pagelaran ini menandakan dibukanya pusat kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Setelahnya, Anies naik ke atas panggung dan membawakan puisi berjudul 'Rakyat Adalah Sumber Kedaulatan'. Dia membacakan puisi sambil diiringi alunan musik oleh Rayhan Sudrajat, Imam Firmansyah, Seto Setiantoro, dan Anurwisan.

Puisi itu menceritakan mengenai tugas seorang wakil rakyat untuk menjaga dan membuat rakyat berdaulat. Begini isi puisi yang dibacakan oleh Anies:

Rakyat adalah sumber kedaulatan

Kekuasaan tanpa rakyat adalah benalu tanpa karisma

Rakyat adalah bumi

Politik dan bedayaan adalah udara

Bumi tanpa udara adalah bumi tanpa kehidupan

Udara tanpa bumi adalah angkasa hampa belaka

Wakil rakyat bukanlah abdi kekuasaan

Wakil rakyat adalah abdi para petani para kuli

Para nelayan

Para pekerja dan seluruh lapisan kehidupan

Wakil rakyat adalah wakil dari sumber kehidupan

WS Rendra

Ditemui usai menonton pagelaran, Anies menjelaskan alasannya membacakan puisi karya WS Rendra di momen Pembukaan Publik Taman Ismail Marzuki yang baru selesai direvitalisasi ini. Anies berujar, sosok WS Rendra sangatlah pandai membaca suasana.

"Pertama, ini puisi WS Rendra orang yang sangat kontemplatif membaca suasana. Dan WS Rendra hidup dengan sulit untuk perubahan, untuk kemajuan," katanya di lokasi, Jumat (23/9/2022).

Selain itu, dia menganggap puisi ini sebagai pengingat untuk dirinya sebagai seorang kepala daerah agar bekerja untuk mewakili rakyat.

"Kita semua yang berada di sini telah bergerak sebagai orang yang mewakili rakyat. Uang yang kita kelola adalah amanah rakyat. Seluruh kegiatan yang kita buat adalah bagian menjalankan amanah dari rakyat," jelasnya.

"Karena itu saya mau mengingatkan diri sendiri dan semua yang ada di tempat ini bahwa yang kita kerjakan adalah mewakili rakyat," tambahnya.

Selain, menonton pagelaran, Anies juga meninjau patung Ismail Marzuki, mengunjungi area pameran seni rupa serta mengunjungi Kineforum, di Graha Bhakti Budaya Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki. Rencananya, revitalisasi Taman Ismail Marzuki akan diresmikan pada Senin (26/9/2022) mendatang.

Lihat juga vieo 'Ada Potensi Tarik-Menarik Mantan Pendukung Prabowo Jika Anies Nyapres':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT