ADVERTISEMENT

Ular Piton Raksasa 7 Meter Ditangkap Warga Sultra Saat Berkebun

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 18:42 WIB
Ular piton raksasa saat dievakuasi warga Muna Barat, Sulawesi Tenggara.
Ular piton raksasa saat dievakuasi warga Muna Barat, Sulawesi Tenggara. (Dokumen Istimewa.)
Muna -

Warga di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra), geger oleh penangkapan seekor ular piton dengan panjang tujuh meter dan berat 130 kilogram. Ular piton berukuran raksasa tersebut tak sengaja ditemukan warga yang sedang berkebun.

Ular piton raksasa ini ditangkap di Desa Latompe, Kecamatan Lawa, Kabupaten Muna Barat, Sultra, pada Rabu (21/9) sekitar pukul 09.00 Wita. Saat itu, salah seorang warga setempat sedang membabat rumput kebunnya karena hendak ditanami jagung.

"Itu waktu hari Rabu jam 9 pagi kejadiannya di perkebunan warga," ujar Kepala Desa Latompe Laode Sugira, seperti dilansir detikSulsel, Jumat (23/9/2022).

Menurut Sugira, kebun tempat ditemukannya ular piton raksasa itu memang memiliki ukuran yang luas yakni sekitar 100 hektare. Tak jauh dari kebun itu juga ada sungai dan rawa berukuran luas.

"Saya punya masyarakat kan sementara babat rumput. Itu kebun kan sudah diolah sejak 1 tahun yang lalu, tapi belum sempat menanam karena hujan terus toh, jadi sekarang diolah kembali itu lahan untuk tanam jagung," katanya.

Menurut Sugira, rumput di kebun yang luas itu dibabat oleh sembilan orang warganya. Kemudian salah satu di antara mereka tak sengaja menemukan ular itu sedang tertidur saat membabat rumput.

"Jadi masyarakat dia bersihkan, tiba-tiba dia dapat itu ular sementara melilit dia tidur mungkin," katanya.

Baca selengkapnya di sini

Lihat juga video 'Petugas Evakuasi Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter di Jaktim':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/jbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT