Alasan PBNU Undang Pemimpin Hindu Ram Madhav ke R20 di Bali

ADVERTISEMENT

Alasan PBNU Undang Pemimpin Hindu Ram Madhav ke R20 di Bali

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 17:48 WIB
Kunjungan PBNU ke kantor detikNetwork
Wasekjen PBNU Muhammad Najib Azca, berpeci memegang mic saat kunjungan ke kantor detikNetwork di gedung Bank Mega, Jakarta Selatan (Foto: Sudrajat)
Jakarta -

PBNU mengundang pemimpin Hindu Ram Madhav ke R20 atau Religion20 di Bali pada November mendatang. Ram Madhav diundang sebagai perwakilan dari negara dengan penduduk mayoritas beragama Hindu.

"Kita undang sebagai entitas keagamaan utama atau dominan di masing-masing negara. Kalau Islam kita undang negara-negara Islam-nya seperti Arab Saudi, tokoh-tokoh terkemuka. Kemudian dalam konteks agama Hindu, tokoh-tokoh utama agama Hindu India yang sekarang di tampuk kekuasaan. Partainya BJP (Bharatiya Janata Party), ormasnya RSS (Rashtriya Swayamsevak Sangh)," kata Wasekjen PBNU Muhammad Najib Azca di kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (23/9/2022).

Najib menyadari BJP dan RSS ini bagi sebagian orang menjadi problematik karena dianggap intoleran dan melakukan persekusi. Namun, kata Najib, R20 melibatkan semua perwakilan komunitas agama, termasuk Hindu.

"Tapi ketika kita ingin libatkan komunitas Hindu yang representatif di India. Mau nggak mau kita hubungan dengan mereka. Ini terkait representasi dari Hindu terbesar dan terpenting di India," ujar Najib.

Najib lantas berbicara mengenai upaya perdamaian yang diusung R20. Menurut Najib, R20 mengundang para pemimpin agama untuk berdialog secara jujur mengenai masalah yang terjadi.

"Justru kita memang melalui forum ini, kita mengundang tokoh-tokoh agama untuk secara jujur berdialog, bahwa memang ada masalah terkait agama. Ini memang diskusi akan sulit dan sensitif," ujar Najib.

Najib mengatakan pembicaraan tak sebatas mengungkap masalah antaragama. Namun, kata dia, R20 ingin membangun rekonsiliasi dan perdamaian.

"Tapi kita tidak ingin berhenti pada problem dan pengungkapannya saja, tapi kita ingin ini jadi titik berangkat pada rekonsiliasi. Jadi ini memang pasti proses yang panjang dan tak mungkin hanya selesai 1 atau 2 event saja," ujar Najib.

"Cuma ini diharapkan menstimulasi dialog yang terus menerus antar kelompok agama dan tokoh-tokoh agama yang memang terkait agama," ujar dia.

Selain itu, Najib juga mengungkap ada perwakilan Yahudi bakal diundang ke R20. Perwakilan Yahudi itu bukan dari Israel.

"Rencananya akan diundang. Meski representasi utamanya tampak bukan dari Israel. Tapi tokoh pemimpin Yahudi. Ini salah satu Rabi perempuan. Namanya saya cek lagi," ujar Najib.

Lihat video 'PBNU Pastikan Kehadiran Jokowi di R20 dan Peringatan Satu Abad NU':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT