ADVERTISEMENT

Nadiem Punya Tim 400 Orang di Luar Kemendikbud, Ada yang Setara Dirjen

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 15:16 WIB
Nadiem Makarim di AS
Mendikbudristek Nadiem Makarim (Meliyanti S/detikedu)
Jakarta -

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim mengaku memiliki organisasi di luar Kemendikbudristek. Tim organisasi ini bertugas untuk membantu Kemendikbudristek dalam mendesain kebijakan.

Hal ini disampaikan Nadiem pada rangkaian United Nations Transforming Education Summit di markas besar PBB. Saat itu Nadiem berbagi tentang praktik transformasi teknologi dalam pendidikan di Indonesia.

Nadiem mengaku memiliki tim yang terdiri dari 400 manajer produk hingga ilmuwan data. Tim ini bekerja untuk Kemendikbudristek.

"Kami sekarang memiliki 400 manajer produk, insinyur perangkat lunak, ilmuwan data yang bekerja sebagai tim yang melekat untuk kementerian," kata Nadiem dalam video yang diunggah di Instagram @nadiemmakarim pada Rabu (21/9/2022).

Nadiem menjelaskan bahwa tim tersebut bukanlah vendor yang bekerja untuk Kemendikbudristek. Ketua tim organisasi ini setara dengan Dirjen yang ada di Kementerian.

"Tim yang beranggotakan 400 orang, bukanlah vendor untuk Kementerian. Setiap product manager dan ketua tim posisinya hampir setara dengan direktur jenderal yang beberapanya hadir di sini," jelasnya.

Nadiem juga menjelaskan cara kerja tim ini. Cara kerja tim ini sesuai dengan arahan dari Kemendikbudristek. Nantinya, tim ini akan bekerja untuk memvalidasi produk kebijakan Kemendikbudristek.

"Mereka diposisikan sebagai rekan bertukar pikiran dalam mendesain produk kami," ungkapnya.

"Jadi kementerian akan menyampaikan arahan kepada mereka dan tim produk akan mengatakan 'Sebentar kami akan cek dulu ke para guru dan melakukan survei untuk memvalidasi yang kami kerjakan'," lanjutnya.

Simak juga video 'Nadiem Sentil Tes Mandiri PTN, Sebut Tak Ada Standar Transparansi':

[Gambas:Video 20detik]



(rdp/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT