ADVERTISEMENT

Kisah Napi Wanita Melahirkan dan Rawat Bayi di Rutan Porong

Tim detikJatim - detikNews
Jumat, 23 Sep 2022 10:44 WIB
Sidoarjo -

Rasa mulas tak tertahan tetiba dirasakan seorang narapidana berinisial AV di Rutan Perempuan Surabaya di Porong, Sidoarjo. Ia merasakan kontraksi di usia kehamilannya yang memasuki 9 bulan hingga hendak melahirkan di rutan.

Kondisi itu akhirnya diketahui petugas rutan yang langsung membawanya ke Puskesmas Porong. Dengan dibantu bidan hingga dokter, proses persalinannya berjalan lancar pada Selasa (20/9) sekitar pukul 10.00 WIB.

Bayi yang dilahirkannya berjenis kelamin laki-laki. Bayinya dalam kondisi sehat dengan berat 3 kg dan panjang 50 cm.

AV sendiri juga dalam kondisi sehat usai melahirkan. Saat melahirkan ia ditunggui oleh suaminya.

"Warga binaan berinisial AV mengaku perutnya mulas, setelah diperiksa perawat rutan ternyata sudah waktunya persalinan. Pihak rutan segera melakukan rujukan ke Puskesmas sesuai SOP yang berlaku," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji seperti dilansir detikJatim.

Dua hari berada di puskesmas, AV sudah harus kembali ke tempatnya ditahan di Rutan Perempuan Surabaya di Porong, Sidoarjo. Ia pun memutuskan merawat bayinya di rutan.

"Yang bersangkutan usai menjalani proses persalinan di Puskesmas Porong. Selanjutnya AV kembali menjalani sisa masa tahanan," ujar Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Perempuan Surabaya di Porong Siti Viona Aidilla kepada wartawan di Rutan Perempuan Surabaya di Porong, Kamis (22/9/2022).

Baca selengkapnya di sini

(idh/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT