ADVERTISEMENT

Sandiaga Ungkap Kekaguman Saat Kunjungi Kampung Kuliner Cibarengkok Bogor

M Solihin - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 23:55 WIB
Menparekrap Sandiaga Uno
Menparekrap Sandiaga Uno (Foto: dok. Kemenparekraf)
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrap) Sandiaga Uno mengunjungi desa wisata di Kampung Cibarengkok, Desa Cipeucang, Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sandiaga menyebut desa wisata yang dibangun di masa pandemi COVID-19 itu mampu membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat setempat.

"Saya tadi sangat kagum atas inisiatif ayah (warga setempat) yang menyulap daerah Cibarengkok ini di Desa Cipeucang ini menjadi sentra kuliner, sentra ekonomi kreatif yang menghidupi 91 UMKM dan membuka lebih dari 60 lapangan kerja," kata Sandiaga kepada wartawan, Kamis (22/9/2022).

"Semoga ini membawa berkah dan upaya kita membuka banyak lapangan kerja. Memang ekonomi lagi sulit, apalagi harga-harga lagi naik, tetapi dengan kebersamaan kita, kita bangun ekonomi berbasis silaturahmi, insyaallah masyarakat bisa terbantukan," tambahnya.

Menparekrap Sandiaga UnoMenparekrap Sandiaga Uno Foto: dok. Kemenparekraf

Desa wisata di Kampung Cibarengkok merupakan kawasan wisata berbasis masyarakat dan sentra kuliner dengan nuansa alam dan sungai. Desa wisata yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat sejak 2021 lalu itu terdiri dari 91 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Ketika COVID-19 mulai mereda, Kampung Kuliner Cibarengkok di desa wisata Cipeucang mampu mengundang warga dari luar Bogor untuk berwisata. Sandiaga berharap Pemkab Bogor ikut mendukung Desa Cipeuncang dalam pengembangan pariwisatanya.

"Tadi kita sudah pelajari, mungkin ada beberapa program yang bisa dikerjakan bareng sama ayah sama pemerintah setempat, ini dalam rangka kita bangkit ekonomi dan menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru yang 97 persennya topang oleh UMKM," ucapnya.

Sandiaga mengatakan desa wisata yang dikembangkan warga Desa Cipeucang merupakan salah satu contoh pariwisata berkelanjutan. Sebab, desa wisata tersebut berbasis masyarakat dan kelestarian alam.

"Ini yang namanya sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan ya seperti ini, berbasis masyarakat, berbasis kelestarian alam, bagaimana kali sungai yang identik dengan kotor dan kumuh ini disampaikan oleh ayah tadi kali ini jadi bersih, walaupun namanya Cibarengkok tetapi warga semua hatinya lurus untuk kebangkitan kita, kelestarian lingkungan, dan mengutamakan partisipasi masyarakat," ujarnya.

Dalam sambutannya, Sandiaga menyebut akan mendatangkan Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengembangkan wisata kuliner Desa Cibarengkok.

"Saya harap kunjungan saya ini dapat membantu mempromosikan, nanti ke depan saya akan bawa Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif, mungkin bisa dibantu nih," pungkas Sandiaga.

(fas/fas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT