Duduk Perkara Panas Gubsu Edy Vs Golkar Sumut yang Dipimpin Wagubsu

ADVERTISEMENT

Duduk Perkara Panas Gubsu Edy Vs Golkar Sumut yang Dipimpin Wagubsu

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 16:10 WIB
Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumut).
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Wagub Sumut Musa Rajekshah. (Rengga Sancaya/detikcom))
Medan -

Hubungan antara Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Partai Golkar, yang kini dipimpin Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekhshah (Ijeck), dinilai sedang tidak baik. Edy menyindir dengan mengaku trauma melihat warna kuning.

Situasi ini diduga berawal dari program pembangunan jalan yang dilakukan Pemprov Sumut. Pada Senin (15/8/2022) yang lalu, Golkar Sumut menggelar konferensi pers di kantornya. Dalam konferensi pers itu, Golkar Sumut mengecam pernyataan Edy Rahmayadi.

Sekretaris Golkar Sumut Datok Ilhamsyah mengatakan kecaman yang mereka layangkan karena Edy mengeluarkan pernyataan yang menyebut Golkar tidak mendukung pembangunan di Sumut. Edy disebut menyampaikan hal itu dalam sebuah acara di Langkat lima hari sebelumnya, yakni Rabu (10/8) lalu.

"Kami mendapat laporan dari fraksi dan DPD Golkar Langkat. Pernyataannya (Edy Rahmayadi) mengatakan bahwa Golkar tidak mendukung pembangunan di Sumatera Utara terkait proyek multi years," kata Ilhamsyah saat konferensi pers situ, seperti dilansir detikSumut.

Ilhamsyah kemudian menjelaskan bahwa Edy menyampaikan hal itu saat acara yang digelar di gedung DPRD Langkat. Edy mengatakan Golkar tidak mendukung pembangunan karena Golkar mengkritik program pembangunan jalan menggunakan anggaran Rp 2,7 triliun yang sedang dilaksanakan Pemprov Sumut.

Dalam acara itu, Edy disebut bertanya siapa Ketua DPRD Langkat. Setelah tahu Ketua DPRD Langkat adalah kader Golkar, Edy kemudian menyampaikan soal Golkar yang tidak mendukung pembangunan di Sumut.

"Banyak yang mendengar (Edy Rahmayadi) menyampaikan 'partai Golkar yang nggak setuju pembangunan itu'," tutur Ilhamsyah.

Ilhamsyah menjelaskan, kader Golkar resah atas pernyataan Edy itu. Dia pun membantah jika Golkar tidak mendukung pembangunan di Sumut.

Selanjutnya, Ilhamsyah menyampaikan soal kader Golkar adalah kelompok yang santun. Namun, kata Ilhamsyah, jika ada yang penghinaan kepada Golkar, kader-kader meminta untuk melakukan perlawanan.

"Martabat partai di atas segala-galanya, yang harus dipertaruhkan dan dipertahankan seluruh kader-kader partai. Kader Golkar tahu apa yang harus dilakukan. Jika partai dan lambang partainya dihina, lawan!" tegas Ilham.

Baca selengkapnya di sini.

Lihat juga video 'Temui Massa Tolak BBM Naik, Gubsu Edy Diminta Jadi Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(idh/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT