Mengintip Lokasi Reklamasi Pulau G yang Akan Jadi Permukiman

ADVERTISEMENT

Mengintip Lokasi Reklamasi Pulau G yang Akan Jadi Permukiman

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 13:52 WIB
Lokasi Pulau G (Dok. Lokasi Pulau G)
Foto: Lokasi Pulau G (Dok. Lokasi Pulau G)
Jakarta -

Kawasan reklamasi Pulau G kini resmi ditetapkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai zona ambang, yang nantinya diarahkan menjadi permukiman. Keberadaan Pulau G ini bisa dilihat dari kawasan Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara.

Seperti dilihat detikcom melalui Google Maps pada Kamis (22/9/2022), lokasi Pulau G dekat dengan beberapa tempat.

Pulau ini berada di sebelah barat Jetski Cafe, yang terletak di Pluit, Penjaringan. Sementara itu, dari arah utara, Pulau G berada di sebelah Baywalk Mall, Pluit, Penjaringan. Selain itu, Pulau G berjarak 1,5 km dari Unit Pembangkit Muarakarang.

Sebelumnya, ketentuan soal fungsi Pulau G itu diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2022 tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Aturan itu diteken Anies pada 27 Juni lalu.

Pulau G (Dok. Google Maps)Pulau G (Dok. Google Maps)

Pergub itu menjelaskan zona ambang diterapkan pada kawasan dengan kriteria perluasan daratan, reklamasi, lahan cadangan, tanah timbul atau area belakang tanggul NCICD yang belum ditentukan pemanfaatan ruangnya dan perluasan daratan atau reklamasi yang sudah memperoleh persetujuan pelaksanaan reklamasi dari menteri urusan pemerintahan di bidang kelautan dan perikanan.

Zona ambang sebagaimana dimaksud meliputi:
a. Kawasan reklamasi Pulau G
b. Kawasan perluasan Ancol
c. Kawasan Rorotan sebagai lahan cadangan
d. Kawasan belakang tanggul pantai.

"Kawasan Reklamasi Pulau G sebagaimana dimaksud pada ayat (2) huruf a diarahkan untuk kawasan permukiman," demikian isi Pergub yang dilihat, Rabu (21/9/2022).

Pulau G (Dok. Pemprov DKI Jakarta) Foto: Pulau G (Dok. Pemprov DKI Jakarta)

Kemudian, pergub itu juga mengatur peruntukan lahan dapat diusulkan oleh pemohon atau pengelola kawasan dengan mengajukan proposal pengembangan yang mempertimbangkan sosial, ekonomi dan lingkungan hidup serta dinamika pembangunan.

Lihat juga video saat 'PTUN Kabulkan Gugatan Reklamasi Pulau G':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT