ADVERTISEMENT

Wapres Ma'ruf: Kita Mengarah ke Endemi, Tapi Jangan Sampai Terburu-buru

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 12:44 WIB
Jakarta -

Terkait penanganan kasus COVID-19, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin mengatakan Indonesia saat ini sudah mengarah dari pandemi ke endemi. Namun dia mengatakan, pemerintah tidak akan terburu-buru menetapkan status endemi.

"Kita memang, istilah kita itu, mengarah dari pandemi ke endemi. Tetapi memang ada negara yang sudah lebih dulu mengatakan," kata Ma'ruf kepada wartawan di Pontianak Convention Centre, Kalbar, Kamis (22/9/2022).

Ma'ruf menjelaskan, dalam penanganan COVID-19, Indonesia dinilai sudah sangat bagus. Sampai saat ini pun kasusnya bisa terus dikendalikan dan ditangani dengan baik.

Namun demikian, lanjut Ma'ruf. pemerintah belum bisa menyatakan Indonesia sudah masuk fase endemi dan mencabut status PPKM. Pemerintah berhati-hati dengan melakukan kajian yang komprehensif agar tidak salah langkah.

"Tetapi untuk menyatakan bahwa sekarang sudah endemi, itu pemerintah masih mengkaji. Jangan sampai kita terburu-buru. Kemudian ternyata nanti di belakang ada...Ini pasti dulu, yakin dulu, bahwa memang ini sudah dalam posisi yang tidak ada gejolak," jelasnya.

"Nah, maka itu pemerintah kita sekarang ini belum, walaupun arahnya sudah ke endemi. Dan dilihat dari kenaikannya juga masih sedikit. Tapi untuk memastikan, pemerintah masih menunggu beberapa saat untuk memastikan lagi. Jadi bersifat hati-hati lah kita," sambungnya.

(hri/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT