Ma'ruf Ungkap Pj Pengganti Anies Orang yang Pernah Urusi Jakarta

ADVERTISEMENT

Ma'ruf Ungkap Pj Pengganti Anies Orang yang Pernah Urusi Jakarta

Herianto Batubara - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 12:31 WIB
Pontianak -

Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin berbicara tentang Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Ditanya soal harapannya, Ma'ruf mengatakan pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta sepenuhnya.

"Saya kira itu sudah ada aturannya seperti daerah-daerah yang lain ya, kan sudah ada kemarin Banten, Bangka Belitung, kemudian mana lagi, Aceh, itu sudah berjalan," kata Ma'ruf kepada wartawan di Pontianak Convention Centre, Kalbar, Kamis (22/9/2022).

"Nanti periode berikutnya nanti beberapa daerah, termasuk DKI. Saya kira prosesnya akan sama. Seperti itu," sambungnya.

Ma'ruf mengatakan sudah ada aturan dan mekanisme dalam pemilihan Penjabat Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan. Namun, dia menegaskan, pemerintah tentunya akan memilih sosok yang punya kompetensi dalam memimpin DKI Jakarta.

"Tentu pemerintah akan memilih orang yang bisa memahami Jakarta, orang yang pernah berkecimpung di Jakarta, dan tahu persis soal Jakarta. Nanti siapa orangnya kita harapkan ini sebagai untuk melanjutkan sampai ke 2024, tentu orang jangan tidak tahu Jakarta," ujarnya.

"Kalau tidak tahu Jakarta, kan akan sulit, barangkali itu dan prosesnya seperti biasa, melalui penetapan," sambungnya.

Diketahui ada tiga nama yang diusulkan DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri untuk menjadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Jakarta Marullah Matali, serta Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri Bahtiar.

Nama ketiganya disetujui dalam Rapimgab DPRD DKI yang digelar pada Selasa (13/9). DPRD DKI pun kemudian menyerahkan usulan nama-nama itu ke Kemendagri pada Rabu (15/9). Kemendagri nantinya akan melakukan verifikasi terhadap ketiga nama kandidat Pj Gubernur usulan DPRD DKI tersebut.

Setelah itu, nama-nama calon Pj Gubernur DKI usulan DPRD akan dibahas dalam sidang TPA bersama nama usulan Kemendagri. Sidang TPA akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama lembaga terkait. Selanjutnya, Jokowi-lah yang akan menentukan siapa yang akan duduk menjabat di kursi nomor satu DKI.

(hri/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT