NU Purworejo Nyatakan Permainan Capit Boneka Haram!

ADVERTISEMENT

NU Purworejo Nyatakan Permainan Capit Boneka Haram!

Tim detikJateng - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 11:58 WIB
mesin capit kepiting
Ilustrasi mesin capit (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Purworejo menyatakan hukum permainan capit boneka atau claw machine haram. Alasannya, permainan capit boneka mengandung unsur perjudian.

Keterangan itu disampaikan PCNU Purworejo sebagaimana dikutip dari jateng.nu.or.id. Permainan yang dulu hanya ada di kota dan pusat-pusat perbelanjaan besar kini merambah dan menjamur di desa-desa daerah Purworejo khususnya.

Anggota Tim Perumus Masalah KH Romli Hasan mengatakan permainan capit ini sangat diminati anak-anak karena memang merekalah pangsa pasarnya. Dengan modal Rp 1.000 untuk menukarkan satu koin, jarang sekali yang mendapatkan hadiah. Meski begitu, banyak anak yang ketagihan dengan permainan tersebut.

"Kita para ulama di NU tergerak untuk membahasnya, sehingga persoalannya menjadi jelas dan orang tua tidak lagi merasa waswas," ujar saat pembahasan bersama Lembaga Bahtsul Masail NU Purworejo di Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kemiri seperti dilansir detikJateng, Kamis (22/9/2022).

Pembahasan LBMNU Purworejo tersebut diawali dengan penyampaian masalah, kemudian dibahas dan diputuskan. Terutama terkait apa hukum memainkan dan menyediakan permainan claw machine atau capit boneka ini.

"Hukum permainan capit boneka sebagaimana dalam deskripsi hukumnya tidak diperbolehkan atau haram karena mengandung unsur perjudian, sehingga hukum menyediakannya pun juga haram," tegasnya.

Simak selengkapnya di sini

Saksikan juga 'Saat Melihat Ritual Sedekah Laut Larung Kambing Kendit':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/idh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT