Bukan Cuma Lukas Enembe, Ini Deretan Tersangka KPK yang Pernah Membangkang

ADVERTISEMENT

Bukan Cuma Lukas Enembe, Ini Deretan Tersangka KPK yang Pernah Membangkang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 11:11 WIB
Profil Lukas Enembe, Kini Dicegah ke LN Usai Jadi Tersangka
Gubernur Papua Lukas Enembe (Wilpret/detikcom)

3. Setya Novanto

Mantan Ketua DPR Setya Novanto juga pernah membangkang saat hendak diperiksa sebagai tersangka KPK pada 2014. Saat itu, Setya Novanto menjadi tersangka korupsi proyek pengadaan KTP elektronik.

Novanto tak memenuhi undangan pemeriksaan karena disebut mengalami vertigo, lalu berkembang juga mengalami sakit ginjal, gula darah, hingga serangan jantung.

Selanjutnya pada Rabu (27/9/2017) beredar foto Novanto tengah terbaring dengan sejumlah peralatan medis di tubuhnya. Dari salah satu peralatan yang menutupi wajah dan hidungnya, muncul spekulasi dia tengah menjalani terapi untuk mengatasi gangguan tidur.

ragam meme yang dibuat netizen terkait foto setnov yang sakit.Saat foto sakit Setya Novanto jadi meme. (Foto: Instagram)

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menyatakan akan segera meminta tim dokter lain segera memastikan kondisi Novanto. "Ada dokter lain yang akan melihat kesehatan Pak SN (Setya Novanto)," ujarnya. juru bicara KPK Febri Diansyah menambahkan, pihaknya masih melakukan koordinasi terkait kondisi kesehatan Novanto.

Bukan hanya itu. Setya Novanto juga sampai merekayasa tabrakan untuk menghindar dari KPK. Hingga akhirnya pada 20 November 2017 ia pun ditahan KPK.

4. Aa Umbara

Mantan Bupati Bandung Barat Aa Umbara juga pernah membangkang dari panggilan KPK. KPK saat itu menetapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi COVID-19. Aa Umbara diduga menerima suap Rp 1 miliar terkait kasus ini.

Namun ia mengaku sakit sehingga tak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan KPK.

Kepala Bagian Protokol Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Kabupaten Bandung Barat saat itu, Agus Ganjar menjelaskan bahwa Aa Umbara sakit dan melakukan medical checkup.

"Sore ini beliau diundang untuk menghadiri acara rapat pimpinan KNPI. Namun setelah saya komunikasi, beliau tidak bisa hadir karena kurang sehat dan sekarang sedang melakukan medical checkup," ujar Agus Ganjar.

5. Mardani H Maming

Mardani H Maming juga pernah membangkang saat menjadi tersangka suap izin pertambangan. Saat itu, Mardani membangkang dari panggilan KPK.

Bahkan KPK pun sempat melakukan penjemputan paksa karena Mardani dinilai tidak kooperatif. Namun KPK tak mendapatkan Maming. Hingga akhirnya Mardani Maming menjadi buron setelah masuk daftar pencarian orang (DPO).

Maming menjelaskan bahwa pada Senin (25/7/2022), pihaknya mengirim surat ke KPK yang berisi pemberitahuan akan hadir memenuhi panggilan penyidik jika sidang gugatan praperadilan yang diajukannya sudah diputuskan hakim.

"Hari Selasa saya dinyatakan DPO dan lawyer saya hari Senin menelepon penyidik KPK menyampaikan bahwa akan hadir saya tanggal 28," kata Maming seusai konferensi pers penetapan tersangka dirinya di gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta, Kamis (28/7).

Dia membantah menghilang. Dia mengaku pergi berziarah.

"Beberapa hari saya tidak ada bukan saya hilang, tapi saya pergi ziarah, ziarah Wali Songo, habis itu balik tanggal 28 sesuai janji saya dan saya hadir," katanya.


(rdp/dhn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT