Ternyata 2 Capim KPK Pengganti Lili Pilihan Jokowi Dulu 0 Suara di DPR

ADVERTISEMENT

Ternyata 2 Capim KPK Pengganti Lili Pilihan Jokowi Dulu 0 Suara di DPR

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 17:41 WIB
Gedung baru KPK
Foto Ilustrasi Gedung KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Dua nama calon pimpinan KPK siap menggantikan Lili Pintauli Siregar, yang mundur. Namun ternyata, kedua capim KPK ini dulu mendapatkan nol suara di DPR.

Dua orang yang diusulkan Jokowi adalah I Nyoman Wara dan Johanis Tanak. Jokowi diketahui mengusulkan dua nama ini untuk menggantikan Lili Pintauli ke DPR.

Lili Pintauli Siregar diketahui mundur dari kursi komisioner KPK di tengah pusaran kontroversi dugaan pelanggaran etik. Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak H Panggabean menyatakan penggantian Lili ada di tangan Presiden Jokowi. Aturannya tertera pada Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

I Nyoman Wara dan Johanis Tanak ternyata pernah mendapatkan nol suara saat penentuan pimpinan KPK pada 13 September 2019 oleh Komisi III DPR. Penentuan itu dilakukan melalui mekanisme pemungutan suara atau voting.

Saat itu para anggota Komisi III tersebut memasukkan kertas suara ke kotak yang sudah disediakan di tengah rapat. Lalu, proses penghitungan pun dimulai.

Ada tiga orang yang mendapatkan nol suara dalam pemungutan suara tersebut. Dua di antaranya Johanis dan I Nyoman Wara. Berikut ini hasil voting di Komisi III DPR pada tahun 2019:

- Alexander Marwata 53 suara
- Firli Bahuri 56 suara
- Johanis Tanak 0 suara
- Luthfi Jayadi Kurniawan 7 suara
- Roby Arya Brata 0 suara
- Lili Pintauli Siregar 44 suara
- Nurul Ghufron 51 suara
- Sigit Danang Joyo 19 suara
- Nawawi Pomolango 50 suara
- I Nyoman Wara 0 suara

"Dengan ini, terjaring lima, Nawawi, Lili Pintauli, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, dan Firli Bahuri," ujar Ketua Komisi III DPR yang memimpin rapat, Azis Syamsuddin, Jumat (13/9/2019).

Simak Video: Jokowi Usulkan 2 Nama Calon Pimpinan KPK Pengganti Lili Pintauli

[Gambas:Video 20detik]




ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT