Polres Bogor: 100 Kecelakaan Terjadi Selama September, Ada 4 Wilayah Rawan

ADVERTISEMENT

Polres Bogor: 100 Kecelakaan Terjadi Selama September, Ada 4 Wilayah Rawan

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 21 Sep 2022 17:27 WIB
ilustrasi kecelakaan tunggal di Sanur
Ilustrasi kecelakaan (Foto: dok. detikcom)
Kabupaten Bogor -

Satlantas Polres Bogor menyampaikan ada sekitar 100 kecelakaan terjadi di Kabupaten Bogor. Disebut, empat wilayah menjadi lokasi paling rawan kecelakaan.

"Di bulan ini memang ada peningkatan angka kecelakaan di wilayah Kabupaten Bogor. Seperti disampaikan, peningkatan ini kurang lebih sudah terjadi hampir 100 (kecelakaan). Kemudian kami bersama instansi terkait, kita bersosialisasi agar kendaraan ataupun peningkatan angka kecelakaan ini bisa menurun," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ketut Lasswarjana kepada wartawan di Simpang Kandang Roda, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (21/9/2022).

Ketut menyampaikan ada sejumlah faktor yang menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, di antaranya faktor manusia, faktor jalan, faktor sarana dan prasarana, serta faktor cuaca.

"Ada empat faktor: faktor manusia, faktor jalan, faktor sarana-prasarana, faktor cuaca. Jadi keempat inilah yang paling sering adalah faktor manusia sendiri. Nah, itu yang kita sosialisasikan," paparnya.

Sejumlah wilayah di Kabupaten Bogor menjadi titik rawan terjadinya kecelakaan di Kabupaten Bogor. Wilayah tersebut antara lain Kecamatan Cileungsi, Cibinong, Ciawi, dan Parung Panjang.

"Yang sering terjadi kecelakaan adalah Cileungsi, Ciawi, dan jalur barat Parung Panjang. Nah, nanti akan kita susur ke titik-titik rawan itu," bebernya.

Kecelakaan didominasi kendaraan roda dua. Faktor utamanya adalah pelanggaran lalu lintas.

"Paling utama adalah (faktor) manusia, diawali dari pelanggaran (lalu lintas)," jelasnya.

Sejumlah cara akan dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan di titik rawan tersebut. Cara tersebut di antaranya pemasangan rambu-rambu dan banner. Harapannya, pengendara bisa lebih berhati-hati saat melintas.

Lihat juga video 'Horor Mobil Tabrak 10 Motor di Bantul gegara Pengendara Coba Kabur':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/aik)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT