Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Ini Penjelasan dan Sejarahnya

ADVERTISEMENT

Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Ini Penjelasan dan Sejarahnya

Widhia Arum Wibawana - detikNews
Kamis, 22 Sep 2022 21:20 WIB
Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Ini Penjelasan dan Sejarahnya
Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Ini Penjelasan dan Sejarahnya | Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kapan Hari Kesaktian Pancasila diperingati perlu diketahui. Hari Kesaktian Pancasila dalam sejarahnya ternyata sangat berkaitan dengan peristiwa G30SPKI. Hari Kesaktian Pancasila ini berbeda dengan Hari Lahir Pancasila yang diperingati pada tanggal 1 Juni setiap tahunnya.

Lantas, kapan Hari Kesaktian Pancasila diperingati? Bagaimana sejarahnya dan apa bedanya Hari Kesaktian Pancasila dengan Hari Lahir Pancasila? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak informasi lengkapnya berikut ini.

Apa itu dan Kapan Hari Kesaktian Pancasila?

Apa itu Hari Kesaktian Pancasila? Hari Kesaktian Pancasila adalah salah satu hari penting dalam sejarah Indonesia yang diperingati pada bulan Oktober dalam rangka memperingati sejarah dan pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Untuk tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila 2022 jatuh pada tanggal 1 Oktober 2022, bertepatan pada hari Sabtu awal bulan Oktober tahun 2022. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2022 adalah peringatan yang ke-57 tahun sejak terjadinya peristiwa Gerakan 30 September 1965 oleh PKI (G30S PKI).

Penetapan kapan Hari Kesaktian Pancasila telah diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Dalam surat itu, disebutkan bahwa tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Kapan Hari Kesaktian Pancasila? Ini Penjelasan dan SejarahnyaKapan Hari Kesaktian Pancasila? Ini Penjelasan dan Sejarahnya | Foto: Fuad Hasim/detikcom

Bagaimana Sejarah Hari Kesaktian Pancasila?

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila sangat erat kaitannya dengan peristiwa G30SPKI. Hari Kesaktian Pancasila juga dimaknai sebagai hari perkabungan nasional akan tragedi penculikan dan pembunuhan dalam Gerakan 30 September oleh PKI pada tahun 1965 silam. Tragedi itu menyebabkan 7 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Dilansir situs Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), ahli sejarah Asvi Warman Adam menjelaskan tentang sejarah peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Disebutkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober diselenggarakan dengan upacara dan pengibaran bendera merah putih.

Penetapan Hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tertanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966). Menurut surat tersebut awalnya tanggal 1 Oktober memperingati Hari Kesaktian Pancasila harus diperingati oleh TNI Angkatan Darat.

Pada 24 September 1966, Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian memberikan usul agar Hari Kesaktian Pancasila diperingati seluruh jajaran Angkatan Bersenjata. Selanjutnya, dalam Keputusan Nomor (Kep/B/134/1966) tanggal 29 September 1966, Jenderal Soeharto selaku Menteri menerbitkan Keputusan Menteri Utama Bidang Pertahanan dan Keamanan agar hari itu diperingati seluruh slag orde Angkatan Bersenjata. Dengan surat tersebut, upacara peringatan 1 Oktober diperingati oleh seluruh komponen pemerintahan.

Apa Bedanya Hari Kesaktian Pancasila dengan Hari Lahir Pancasila?

Seperti yang diketahui, tentang apa itu dan kapan Hari Kesaktian Pancasila diperingati. Hari Kesaktian Pancasila adalah hari yang diperingati sebagai momentum mengenang sejarah tragedi G30S PKI sekaligus pentingnya Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Kapan Hari Kesaktian Pancasila adalah pada tanggal 1 Oktober, sedangkan Hari Lahir Pancasila diperingati pada tanggal 1 Juni. Hari Lahir Pancasila diperingati sebagai momentum peringatan sejarah lahirnya Pancasila pada 1 Juni 1945 ketika Soekarno, sebagai salah satu tokoh perumus Pancasila, mengemukakan konsep dasar Pancasila yang kemudian dijadikan dasar negara Indonesia.

Jadi, kapan Hari Kesaktian Pancasila diperingati? Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya.

(wia/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT